Upaya meningkatkan kebugaran jasmani pada sit up melalui permainan modifikasi siswa kelas XI-3 SMA NEGERI 9 SEMARANG
Keywords:
Kebugaran jasmani, Meningkatkan, Modifikasi permainan, sit upAbstract
Kebugaran jasmani sangat penting bagi siswa SMA karena aktivitas mereka yang tinggi. Kebugaran jasmani adalah komponen fisik yang harus dimiliki siswa SMA N 9 Semarang, terutama karena mayoritas pelajaran bersifat teori. Salah satu kebugaran fisik dasar yang harus dimiliki adalah daya tahan tubuh. Penelitian ini bertujuan untuk menilai tingkat kebugaran fisik daya tahan tubuh dan meningkatkan kemampuan sit up siswa melalui permainan modifikasi dalam pembelajaran PJOK kelas XI. Penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam dua siklus pada 36 siswa. Aktivitas fisik berhubungan erat dengan kebugaran jasmani yang bervariasi antar individu. Dalam siklus pertama, peneliti menerapkan metode permainan seperti “Sit Up Relay,” “Ball Pass Sit Up,” dan memindahkan cone sambil bangun-duduk. Hasilnya, 24 siswa mencapai KKM (66,66%), tetapi belum memenuhi target ketuntasan yaitu 27 siswa. Pada siklus kedua, hasil meningkat menjadi 30 siswa yang tuntas (83,33%). Penelitian ini menunjukkan bahwa melalui permainan modifikasi, kebugaran jasmani siswa, khususnya kemampuan sit up, dapat meningkat signifikan. Metode ini efektif diterapkan dalam pembelajaran untuk meningkatkan kebugaran jasmani siswa.
References
Abdjul, D. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Buntulia. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 343. https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.343-348.2022
Abdul Razak, S. M., Elumalai, G., Khamis, M. H., & Salleh, A. H. (2020). Hubungan Kecergasan Fizikal dan Pencapaian Akademik dalam Kalangan Pelajar Sains Sukan Tingkatan Enam Negeri Kedah. ATTARBAWIY: Malaysian Online Journal of Education, 4(2), 41–50. https://doi.org/10.53840/attarbawiy.v4i2.40
Hendriana, Y. (2023). Hubungan kualitas tidur dan penggunaan lampu saat tidur dengan kebugaran tubuh mahasiswa program studi S1 Keperawatan Kampus STIKes Kuningan. Journal of Nursing Practice and Education, 3(2), 179–188. https://doi.org/10.34305/jnpe.v3i2.710
Intan Riska Shofiyana, & Heryanto Nur Muhammad. (2023). Identifikasi Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Peserta Ekstrakurikuler Wall Climbing Di SMAN 1 Gondang. SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 4(2), 113–119. https://doi.org/10.46838/spr.v4i2.322
Kamal, A. A., & Zulkifli, A. F. (2019). The Effect of Motive Participations towards Physical Activity Levels in Education Students. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 9(13). https://doi.org/10.6007/IJARBSS/v9-i13/6257
Khairuddin, K. (2014). The Influence of Modified Games and Conventional Learning Models on the Physical Fitness of Junior High School Students. Asian Social Science, 10(5). https://doi.org/10.5539/ass.v10n5p136
Mujriah, M., Esser, B. R. N., & Susilawati, I. (2022). EFEK PEMBERIAN REWARD AND PUNISHMENT PADA MOTIVASI SISWA SEKOLAH DASAR (STUDI KASUS DALAM PERMAINAN TRADISIONAL). JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 7(1). https://doi.org/10.58258/jupe.v7i1.3061
Nauvalia, C. (2021). Faktor eksternal yang mempengaruhi academic self-efficacy: Sebuah tinjauan literatur. Cognicia, 9(1), 36–39. https://doi.org/10.22219/cognicia.v9i1.14138
Nurgiansah, T. H., Pratama, F. F., & Iman Nurchotimah, A. S. (2021). PENELITIAN TINDAKAN KELAS DALAM PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN. Jurnal Pendidikan PKN (Pancasila Dan Kewarganegaraan), 2(1), 10. https://doi.org/10.26418/jppkn.v2i1.41752
Priadana, B. W., & Suwandi, E. (2023). Identifikasi Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Sugihwaras. Physical Activity Journal, 4(2), 187. https://doi.org/10.20884/1.paju.2023.4.2.7894
Sarbaitinil, Muzakkir, Muhammad Yasin, Irfan Sepria Baresi, & Muhammadong. (2024). Menumbuhkan Minat Belajar Siswa melalui Metode Pembelajaran Kreatif. Journal of International Multidisciplinary Research, 2(2), 367–379. https://doi.org/10.62504/JIMR75xf4w76
Sasmitha, W., Suwirman, Arifan, I., & Dessi Purnama, S. (2020). Pencak Silat Basic Motion Learning Through Tactical Approach for Junior High School Students. Proceedings of the 1st International Conference of Physical Education (ICPE 2019). https://doi.org/10.2991/assehr.k.200805.052
Suliswaningsih, S., Widiawati, C. R. A., Syafa’at, A. Y., & Fajrina, B. T. N. (2021). Pelatihan Membuat Game Menggunakan Software Construct 2 untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Siswa SMK. SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Seni Bagi Masyarakat), 10(1), 1. https://doi.org/10.20961/semar.v10i1.44463
Sumaryanti, S., Dapan, D., Suhartini, B., & Margono, M. (2022). Physical Fitness of Children with Special Needs: Aiken Validation Game Materials. https://doi.org/10.2991/ahsr.k.220106.057
Wardani, D., & Nurudin, A. (2020). Pengaruh Senam Bugar Muhammadiyah Terhadap Kebugaran Jasmani Siswa SMP. Physical Activity Journal, 2(1), 100. https://doi.org/10.20884/1.paju.2020.2.1.3330
Wibowo, T. P., & Pranata, E. (2020). SURVEI PERMAINAN TRADISIONAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN AIR PRIUKAN KABUPATEN SELUMA. Educative Sportive, 1(01), 13–17. https://doi.org/10.33258/edusport.v1i01.1061