Implementasi Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) untuk Meningkatkan Keterampilan Tolak Peluru Gaya Ortodoks pada Siswa Kelas XI DPIB 2 SMK N 4 Semarang Tahun Pelajaran 2024/2025

Authors

  • Gianto Anto Universitas PGRI Semarang
  • Fajar Ari Widiyatmoko Universitas PGRI Semarang

Keywords:

, teaching at the right level, Tolak Peluru, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Gianto,2025 “Implementasi Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) untuk Meningkatkan Keterampilan Tolak Peluru Gaya Ortodoks pada Siswa Kelas XI DPIB 2 SMK N 4 Semarang Tahun Pelajaran 2024/2025”, Pascasarjana Universitas PGRI Semarang. Penelitian ini dilatarbelakangi  kurangnya keterampilan siswa dalam mempraktikan tolak peluru gaya ortodoks pada pembelajaran PJOK. Sehingga penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana keefektifan pendekatan TaRL dalam pembelajaran tolak peluru gaya ortodoks dalam pembelajaran PJOK . Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keterampilan siswa setelah diterapkannya pendekatan TaRL dalam pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dengan 2 siklus tindakan, setiap siklus dilakukan 1 kali pertemuan yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik dan alat pengumpulan data menggunakan tes praktik tolak peluru gaya ortodoks. Berdasarkan hasil selama proses pembelajaran pada siklus I, diperoleh data hasil penilaian keterampilan sebanyak 21 siswa (63%) telah mencapai Keriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan 12 siswa (37%) belum mencapai KKM,  Pada  siklus II, diperoleh data 30 siswa (90,9%) telah mencapai KKM dan 3 siswa (9,1%) belum mencapai KKM. Berdasarkan penelitian pada siklus I dan siklus II,  dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) dalam pembelajaran tolak peluru gaya ortodoks efektif untuk meningkatkan keterampilan Siswa.

Author Biography

Fajar Ari Widiyatmoko, Universitas PGRI Semarang

Pascasarjana Universitas PGRI Semarang

References

Arikunto, suharsimi dkk. 2006. Peneltian Tindakan Kelas. Jakarta : PT. Bumi Aksara

Dipdiknas. (2007). Naskah Akademik Pendidikan Jasani Olahraga dan Kesehatan.Jakarta. BPP

Pusat Kurikulum.

Djumindar, Mochamad. (2014). Gerakan-gerakan Dasar Atletik Dalam Bermain.

Jakarta : Grafindo Persada.

Djamaluddin, A., & Wardana. 2019. Belajar dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. Parepare: Kaaffah Learning Center.

Fadjarajani et al. Metodologi Penelitian, Pendekatan Multidisipliner. Gorontalo: Ideas Publishing.

Ismail. 2023. Peningkatan Hasil Belajar Materi Tolak Peluru Menggunakan Media Modifikasi

Peluru dari Bola Plastik. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 682-686.

Downloads

Published

2025-06-11

How to Cite

Anto, G., & Widiyatmoko, F. A. (2025). Implementasi Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) untuk Meningkatkan Keterampilan Tolak Peluru Gaya Ortodoks pada Siswa Kelas XI DPIB 2 SMK N 4 Semarang Tahun Pelajaran 2024/2025. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 2503010168. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7205

Issue

Section

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Similar Articles

<< < 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.