Improving Students’ Speaking Ability Through Making Videos: A Classroom Action Research in Class XII of SMA Kesatrian 2 Semarang
Keywords:
Speaking, Making Video, Classroom Action ResearchAbstract
Tujuan dari penelitian tindakan kelas (CAR) ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa melalui pembuatan video di kelas XII MIPA 2 SMA Kesatrian 2 Semarang pada Tahun Pelajaran 2023/2024. Speaking dipilih menjadi prioritas untuk ditingkatkan karena sekolah ini merupakan sekolah bilingual dan guru bahasa Inggris di sana menggunakan 100 persen bahasa Inggris dalam proses belajar mengajar. Subyek penelitian ini terdiri dari 31 siswa. Penelitian tindakan kelas kolaboratif digunakan oleh peneliti dalam peneliti ini. Pengamatan, pre-test dan post-test digunakan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara siswa. PTK dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Langkah-langkah yang dilakukan adalah perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Peneliti bekerja secara kolaboratif dengan guru bahasa Inggris dan siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui pre-test, dan post-test. Pada pre-test, nilai rata-rata siswa hanya 69,80. Pada post-test pertama nilai rata-rata siswa menjadi 77,20 dan pada post-test kedua menjadi 82. Temuan penelitian menunjukkan bahwa ketika pembuatan video YouTube digunakan secara efektif, hal itu akan meningkatkan keterampilan berbicara siswa, serta iklim didalam kelas.
References
Alghaberi, J. A. (2019). Methods for Teaching Speaking Skill At Thamar Schools and Their Impacts on Learners� Oral Competency. English Review: Journal of English Education, 7(2), 39. https://doi.org/10.25134/erjee.v7i2.1732
Ardiansyah, A. (2020). Improving Students’ Speaking Skills Through the Use of Video-Based Scientific Approach. Journal of Languages and Language Teaching, 8(3), 222. https://doi.org/10.33394/jollt.v8i3.2734
Buhari, B. (2019). Practicing Discussion in the Form of Pyramid To Improve Students’ Speaking Performance and Classroom Interaction. Journal of Languages and Language Teaching, 7(2), 108. https://doi.org/10.33394/jollt.v7i2.1958
Darmawan, R., Cicik, T., & Budiman, S. (2023). Improving English Learning Outcomes With Audio-Visual Media In Narrative Text Learning In Tenth Grade Hospitality At SMK Negeri 6 Semarang Academic Year 2022 / 2023. 937–946.
Hidayati, Y. (2019). the Effect of Storytelling Towards Students’ Speaking Skill At X Grade Students of Ma Nurul Haramain Boarding School. Journal of Languages and Language Teaching, 7(2), 132. https://doi.org/10.33394/jollt.v7i2.1961
Iman, T. R. (2020). the Interference of Indonesian on English Second Language Writing. Journal of Languages and Language Teaching, 8(2), 170. https://doi.org/10.33394/jollt.v8i2.2466
Indriyanti, R., & Prasetyo, Z. K. (2018). Improving the experiment report writing skills of fifth graders through the discovery learning method. Jurnal Prima Edukasia, 6(1), 102–110. https://doi.org/10.21831/jpe.v6i1.17284
Rachmawati, U. (2020). What Lies Behind the Students’ Need in English for Specific Purposes: a Reflection of Needs Analysis. Journal of Languages and Language Teaching, 8(2), 213.
https://doi.org/10.33394/jollt.v8i2.2537
Syafii, L. I., Thoyib, A., Nimran, U., & Djumahir. (2015). The Role of Corporate Culture and Employee Motivation as a Mediating Variable of Leadership Style Related with the Employee Performance (Studies in Perum Perhutani). Procedia - Social and Behavioral Sciences, 211(November 2015), 1142–1147. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.11.152