Penggunaan Quizizz untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X SMA

Authors

  • Febio Wyemas Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Quizizz, Learning Engagement, Learning Outcomes

Abstract

Penggunaan media pembelajaran merupakan salah satu aspek penting dalam pembelajaran matematika. Observasi di kelas X dilakukan di salah satu SMA Negeri di Semarang menunjukkan bahwa siswa cenderung kurang tertarik belajar karena hanya menggunakan media konvensional seperti papan tulis. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dengan menggunakan quizizz. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek 36 siswa kelas X tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes tertulis dan observasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif, yang menggambarkan kenyataan atau fakta sesuai dengan data yang diperoleh selama proses pembelajaran. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa dengan penggunaan quizizz. Hal ini terlihat dari: (1) Indikator keaktifan belajar siswa yang menunjukkan semangat dalam proses pembelajaran, berani mengajukan pertanyaan, berani menjawab pertanyaan yang diberikan, dan berani mempresentasikan pemahaman mereka di depan kelas. (2) Persentase ketuntasan siswa mencapai KKM 75 yang awalnya sebesar 55% sebelum tindakan, meningkat menjadi 86% pada akhir siklus.

References

Alfaeni, D., Nurkanti, M., & Halimah, M. (2022). Kemampuan Kolaborasi Siswa Melalui Model Project Based Learning Menggunakan Zoom Pada Materi Ekosistem. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 13(2), 143. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v13i2.6330

Arisandi, S. N. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Liveworksheets Untuk meningkatkan Hasil Belajar Kimia Pada Materi Konsep Mol. SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 2(3), 306–316. https://doi.org/10.51878/secondary.v2i3.1361

Citra, C. A., & Rosy, B. (2020). Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Teknologi Perkantoran Siswa Kelas X SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(2), 261–272. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n2.p261-272

Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Education and Development, 8(2), 468–480.

Haryadi, R., Nuraini, H., & Kansaa, A. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran E-Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. AtTàlim : Jurnal Pendidikan, 7(1), 2548–4419.

Made, A. M., Ambiyar, A., Riyanda, A. R., Sagala, M. K., & Adi, N. H. (2022). Implementasi Model Project Based Learning (PjBL) dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Teknik Mesin. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5162–5169. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3128

Mbagho, H. M., & Tupen, S. N. (2020). Pembelajaran Matematika Realistik untuk meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Bilangan Pecahan. Jurnal Basicedu, 5(1), 121–132. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.632

Muliya, M. (2022). Penerapan Media Quizizz Untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X Busana 2. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 3(1), 65–78. https://doi.org/10.37304/enggang.v3i1.7404

Netriwati, & Lena, mai S. (2022). Media Pembelajaran Matematika SMP. Bandar Lampung: Permata Net, May, 340. https://www.researchgate.net/profile/Netriwati-Netriwati/publication/332935226_MEDIA_PEMBELAJARAN_MATEMATIKA/links/5cd29c97a6fdccc9dd93ac5c/MEDIA-PEMBELAJARAN-MATEMATIKA.pdf

Putri, F. E., Amelia, F., & Gusmania, Y. (2019). Hubungan Antara Gaya Belajar dan Keaktifan Belajar Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 83. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v2i2.406

Rikawati, K., & Sitinjak, D. (2020). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa dengan Penggunaan Metode Ceramah Interaktif. Journal of Educational Chemistry (JEC), 2(2), 40. https://doi.org/10.21580/jec.2020.2.2.6059

Somantri, D. (2021). ABAD 21 PENTINGNYA KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 18(02), 188–195. https://doi.org/10.25134/equi.v18i2.4154

Suliso, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D. (2011). Penelitian Tindakan Kelas sebagai Sarana Pengembangan Keprofesionalan Guru dan Calon Guru. Malang: Bayumedia Publishing.

Downloads

Published

2024-12-27

How to Cite

Wyemas, F. (2024). Penggunaan Quizizz untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X SMA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 227–237. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5836

Issue

Section

Matematika