Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Kelas II B SDN Karanganyar Gunung 02
Keywords:
Hasil belajar, Problem Based Learning, DiferensiasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas II melalui model Problem Based Learning (PBL) berbasis pembelajaran diferensiasi . Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah 28 siswa kelas II SDN Karanganyar Gunung 02 Kecamatan Candisari Kota Semarang. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Taggart. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan tes. Teknik analisis data yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini didasari dari kegiatan observasi di lapangan. terdapat masalah yaitu siswa terlihat kurang aktif dalam saat kegiatan pembelajaran berlangsung dan masih rendahnya hasil belajar siswa dibuktikan dengan nilai siswa yang masih di bawah KKTP dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan setelah menggunakan model Problem Based Learning berbasis pembelajaran diferensiasi, pada siklus I nilai rata-rata menunjukkan peningkatan sebesar 74%, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata sebesar 80%.
Kata kunci: Hasil belajar, problem based learning, Diferensiasi
References
Andini, D.W. 2016. Differentiated Instruction: Solusi Pembelajaran Dalam Keberagaman Siswa di Kelas Inklusif. J. Pendidik. Ke-SD-an. Vol.2, No.3. Hal 340 – 349
Arikunto, Suharsimi. 2007. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto. 2015. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.
Astuti, Risti. 2022. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas II SD 2 Mijen Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Guru Profesional. Vol. 1, No. 1, Juli 2023, Hal. 73-83
Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Ditasona, Candra. 2017. Penerapan Pendekatan Differentiated Instruction dalam Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMA. J.EduMat. Vol.2, no.1. Hal. 43 – 54.
Lailiyah, Evi. 2016. Pendekatan Differentiated Instruction Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika (ISSN 2528-3901). Vol. 1, no.2. Hal. 52 – 61. Hal. 52 – 61.
Laia, I.S.P 2022. Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 1 Lahusa J.Ilmiah Wahana Pendidikan.
Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakara: RajaGrafindo Permai.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV