214. Peningkatan Hasil Belajar Tematik Menggunakan Problem Based Learning Kelas V SDN Gajahmungkur 04 Semarang

Authors

  • Anita Dian Pratiwi Universitas PGRI Semarang
  • Fine Reffiane Universitas PGRI Semarang
  • Paryuni SDN Gajahmungkur 04 Semarang

Keywords:

Pembelajaran Tematik, Problem Based Learning, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar tematik melalui penerapan pendekatan Problem Based Learning siswa kelas V SDN Gajahmungkur 04 Semarang. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Model PTK yang digunakan adalah model spiral C.Kemmis & Mc Taggart yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan teknik tes. Instrumen penelitian dengan menggunakan butir soal evaluasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan analisis data kualititatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan pendekatan Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar tematik. Hal ini ditunjukkan oleh meningkatnya hasil belajar tema 9 benda-benda di sekitar kita berdasarkan ketuntasan pra siklus, siklus I, dan siklus II sebesar 54%, 75%, dan 87%. Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan pendekatan Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar tematik.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Pratiwi, A. D., Reffiane, F., & Paryuni. (2023). 214. Peningkatan Hasil Belajar Tematik Menggunakan Problem Based Learning Kelas V SDN Gajahmungkur 04 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 1916–1921. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4243

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>