Upaya Meningkatkan Servis Bawah Bolavoli Dengan Jarak Tetap Dan Bertahap Pendekatan TaRL SMK 5 Semarang
Keywords:
TaRL, Servis Bawah, BolavoliAbstract
Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini untuk meningkatkan servis bawah bolavoli siswa dengan menggunakan jarak tetap dan jarak bertahap serta menggunakan pendekatan Teaching At The Right Level pembelajaran bolavoli kelas XI SMK N 5 Semarang. Latar belakang penelitian ini kesalahan servis permainan bolavoli sering terjadi terutama saat servis bawah yang dilaksanakan oleh siswa, dikarenakan faktor konsentrasi atau tidak tenang dalam permainan sehingga saat melakukan servis bawah bolavoli sering terjadi tidak melewati net, bisa dilihat ketika pembelajaran servis bawah bolavoli banyak siswa mengalami kesulitan melakukan servis bawah dalam permainan bolavoli menyebabkan siswa mudah bosan, selain itu faktor garis lapangan terlalu jauh dari net. Penelitian ini metode yang digunakan metode penelitian Tindakan kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian ini sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian menggunakan siswa kelas XI-DPIB 1 SMK N 5 Semarang, tahun ajaran 2024/2025 berjumlah 34 siswa. Teknik pengambilan data penelitian ini dengan cara menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data penelitian menggunakan tes ketepatan servis AAHPER serving accuracy test. Kemampuan servis bawah permainan bolavoli siswa kelas XI-DPIB 1 SMK N 5 Semarang, Pra siklus dari 34 siswa tuntas 14(36%) siswa, Siklus 1 mengalami peningkatan hasil tuntas 26(69%) siswa, dan siklus 2 sangat mengalami peningkatan secara keseluruhan yang mencapai ketuntasan sebanyak 31(83%) siswa.
References
Alwalid, A., Rumini, & Bisri, K. (2024). Upaya Meningkatan Servis Bawah Peserta Didik dengan Jarak Tetap dan Bertahap dengan Menggunakan Pendekatan Teaching At The Right Level pada materi bola voli kelas XI SMA N 7 Semarang. 58–63.
Amirrudhin, D. N., & Ratimiasih, Y. (2024). Pengaruh Latihan Target Untuk Meningkatkan Ketepatan Servis Bawah Bola Voli MTS Maslakul huda sluke. 04(02), 337–343.
Anatasya, E., & Dewi, D. A. (2021). Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Pendidikan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(2), 291–304. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP/article/view/34133
Azizah, A. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475
Bumburo, B., Ita, S., Wanena, T., Wandik, Y., & Putra, M. F. P. (2023). Permainan bola voli: sebuah tinjauan konseptual. Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 22(4), 38. https://doi.org/10.20527/multilateral.v22i4.16467
Estari, A. W. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran. Workshop Nasional Penguatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar SHEs: Conference Series, 3(3), 1439–1444. https://jurnal.uns.ac.id/shes
Fatma, A., Leonardo, F., Perdiansyah, L., Fitra, R. A., Juita, A., Alkhotdri, R., & Riau, U. (2025). Penerapan pendekatan tarl untuk meningkatkan keaktifan belajar lompat jauh di smk negeri 5 pekanbaru. 12, 209–222.
Ginting, F. M., & Sari, D. M. (2022). Survei Tingkat Keterampilan Service Bawah Siswa Ekstrakurikuler Bola Voli. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga, 2(2), 127–136. https://doi.org/10.55081/jumper.v2i2.558
Jaya, H., Hambali, M., & Fakhrurrozi, F. (2023). Transformasi Pendidikan:Peran Pendidikan BerkelanjutanDalam Menghadapi Tantangan AbadKe-21. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 2416–2422.
Lestari, D. F. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Aktivitas Jasmani Melalui Permainan Tradisional bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 8(1), 7–12. https://doi.org/10.23887/jjp.v8i1.33742
Masroni, A. H., & Hariyanto, E. (2021). Survei Keterampilan Teknik Dasar Bolavoli Ekstrakurikuler Bolavoli Sekolah Menengah Atas. Sport Science and Health, 3(5), 284–293. https://doi.org/10.17977/um062v3i52021p284-293
Murdiyanto, D., & Kaguruan, F. (2023). Penerapan Pendekatan Teaching at the Right Level pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. 3(1), 1–11.
Mustafa, P. S. (2022). Peran pendidikan jasmani untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(9), 68–80. https://doi.org/10.5281/zenodo.6629984
Raihanati, E., & Wahyudi, A. (2021). Tingkat Keterampilan Teknik Dasar Bermain Bola Voli Pra Junior Putri Di Kabupaten Kudus. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 2(1), 222–229. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/inapes
Suciani, R. N., Azizah, N. L., Gusmaningsih, I. O., & Fajrin, R. A. (2023). Strategi Refleksi dan Evaluasi Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(2), 114–123.
Thedimus Bapor, & I Ketut Semarayasa. (2022). Minat Peserta Didik dalam Mengikuti Pembelajaran PJOK. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 10(1), 24–29. https://doi.org/10.23887/jiku.v10i1.45385