Implementasi Pendekatan TaRL Dalam Meningkatkan Keterampilan Passing Bawah Bola Voli Di SMA Negeri 8 Semarang

Authors

  • Dimas Kevinyanto Tri Pamungkas Universitas PGRI Semarang
  • Bertika Kusuma Prastiwi Universitas PGRI Semarang
  • Donny Anhar Fahmi Universitas PGRI Semarang
  • Sumantri SMA Negeri 8 Semarang

Keywords:

Bola Voli, TaRL, Passing Bawah

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan keterampilan passing bawah bola voli melalui penerapan pendekatan TaRL di kelas XI 4 SMA Negeri 8 Semarang Tahun ajaran 2024/2025. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI 4 yang berjumlah 36 anak. Objek dalam penelitian ini adalah pembelajaran passing bawah permainan bola voli melalui pendekatan TaRL.

Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah bahwa adanya peningkatan kemampuan peserta didik dalam mempraktekkan gerakan passing bawah bola voli melalui metode pendekatan TaRL selama 2 siklus. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil nilai keterampilan passing bawah peserta didik pada pretest siklus 1 sebelum diberikan tindakan, nilai rata-rata kelas tersebut adalah 66,30. Jumlah peserta didik yang tuntas sebanyak 11 anak (30,55%) dan jumlah peserta didik yang belum tuntas sebanyak 25 anak (69,45%). Nilai terendah dalam kelas adalah 50 dan nilai tertinggi adalah 83. Setelah diberikan tindakan pada siklus 1 didapatkan hasil peningkatan seperti nilai rata-rata kelas menjadi 75,41. Jumlah peserta didik yang tuntas sebanyak 24 anak (66,66%) dan jumlah peserta didik yang belum tuntas sebanyak 12 anak (33,33%). Nilai terendah dalam kelas adalah 58 dan nilai tertinggi adalah 84.

Author Biographies

Bertika Kusuma Prastiwi, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas PGRI Semarang

Donny Anhar Fahmi, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas PGRI Semarang

Sumantri, SMA Negeri 8 Semarang

SMA Negeri 8 Semarang

References

Ahyar, Nurhidayah, & Saputra, A. (2022). Implementasi Model Pembelajaran TaRL dalam Meningkatan Kemampuan Literasi Dasar Membaca Peserta Didik di Sekolah Dasar Kelas Awal. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 5(11), 5241-5246.

Ariani, E. (2019). Peningkatan hasil belajar siswa sekolah dasar menggunakan media kertas bergambar pada materi perkembangbiakan tumbuhan tema 1. Edubiotik : Jurnal Pendidikan, Biologi Dan Terapan, 4(2), 93-100.

Arikunto, S. (2006). Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Azizah, A., & Fatamorgana, F. R. (2024). PENTINGNYA PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU DALAM PEMBELAJARAN. Jurnal Auladuna, 15-22.

Erfinah, Ihsan, A., & Asran. (2024). Upaya Meningkatkan Kemampuan Shooting Pada Permianan Bola Basket Melalui Metode Pembelajaran Teaching at the Right Level (TaRL) Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Kota Makassar. Global Journal Sport Science, 2(1), 271-278.

Ernailis. (2016). PENINGKATAN KETERAMPILAN PASSING BAWAH BOLA VOLI MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN SESAMA TEMAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 001 EMPAT BALAI KECAMATAN KUOK KABUPATEN KAMPAR. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 5(1), 52-61.

Halkah, A., Kasmad, M. R., & Hartono. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Kebugaran Jasmani Melalui Pendekatan TaRL Dan Model Pembelajaran Literature Circle Pada Pembelajaran PJOK. Global Journal Sport Science, 1(4), 786-790.

Hopkins, D. (2010). Teacher’s Guide to Classroom Research. Philadhelpia: Open University Press.

Lestari, H., & Kuryani, T. (2023). Modul Mata Kuliah Prinsip Pengajaran dan Asesmen I. Jakarta: Direktorat Pendidikan Profesi Guru.

Mangesthi, V. P., Setyawati, R. D., & Miyono, N. (2023). Pengaruh Pendekatan TaRL terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IVB di SDN Karanganyar Gunung 02. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 19097-19104.

Mulyadi, D. Y., & Pratiwi, E. (2020). Pembelajaran Bola Voli. In Analisis Standar Pelayanan Minimal Pada Instalasi Rawat Jalan, 3.

Nailia, V., Saputra, H. J., Widayati, L., & Dwijayanti, I. (2024). Implementasi Pendekatan TaRL dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca Siswa Kelas I Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 8(5), 3888-3897.

Prayoga, D., Huda, M. S., & Hamdiana. (2022). ANALISIS KETERAMPILAN PASSING BAWAH BOLA VOLI PADA SISWA EKSTRAKURIKULER SMA NEGERI 9 SAMARINDA. BPEJ: BORNEO PHYSICAL EDUCATION JOURNAL, 3(2), 1-9.

Priadana, M., & Sunarsi, D. (2021). METODE PENELITIAN KUANTITATIF. Pascal Books.

Salim, M. A., Priambodo, A., & Ratna, A. (2023). Upaya Meningkatkan Minat Belajar PJOK Peserta Didik Menggunakan Pendekatan Etnopedagogi. Journal on Education, 6(1), 5605 - 5614.

Setiawan, D., Sopandi, A. T., Jovanka, D. R., Novita, D., & Limbong, A. M. (2014). EVALUASI PELAKSANAAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) DALAM PEMANTAPAN KEMAMPUAN PROFESIONAL GURU PAUD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Cv Alfabeta.

Suharyani, Suarti, N. K., & Astuti, F. H. (2023). Implementasi Pendekatan Teaching At The Right Level (TaRL) dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Anak. JurnalTeknologiPendidikan, 8(2), 470-479.

Sujatmoko, E. (2010). Hak Warga Negara Dalam Memperoleh Pendidikan. Jurnal Konstitusi, 7(1), 181-211.

Supangat. (2021). Kurikulum 2022. Depok Jawa Barat: School Principal Academy.

Usmadi. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1), 50-62

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Dimas Kevinyanto Tri Pamungkas, Bertika Kusuma Prastiwi, Donny Anhar Fahmi, & Sumantri. (2024). Implementasi Pendekatan TaRL Dalam Meningkatkan Keterampilan Passing Bawah Bola Voli Di SMA Negeri 8 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 2503010138. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/6939

Issue

Section

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.