Penggunaan Alat Bantu Karet Untuk Meningkatkan Kemampuan Gerak Meroda pada Siswa Kelas VIIIC SMP Negeri 2 Semarang
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan gerak meroda pada siswa kelas VIIIC SMP Negeri 2 Semarang melalui penggunaan alat bantu karet. Hasil observasi pada tahap pra siklus menunjukkan bahwa dari 34 siswa, hanya 23 siswa (68%) yang mencapai ketuntasan dengan nilai rata-rata 7,8, nilai tertinggi 10, dan nilai terendah 6, sedangkan 11 siswa (32%) belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Rendahnya tingkat ketuntasan ini menunjukkan perlunya strategi pembelajaran yang lebih efektif. Intervensi dilakukan pada Siklus I dengan menggunakan alat karet. Hasilnya, terjadi peningkatan ketuntasan menjadi 85% (29 siswa) dengan nilai rata-rata 8,4. Meskipun demikian, masih terdapat 5 siswa (15%) yang belum tuntas. Pada Siklus II, pembelajaran disempurnakan dengan pendekatan yang lebih sistematis dan individual. Hasilnya menunjukkan seluruh siswa (100%) mencapai ketuntasan dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 8,8, nilai tertinggi tetap 10, dan nilai terendah naik menjadi 7. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat bantu karet secara efektif mampu meningkatkan kemampuan gerak meroda siswa. Penelitian dihentikan pada Siklus II karena seluruh indikator keberhasilan telah tercapai.
References
Ilmiah, J., Bina Guna Medan, S., & Medan, ; Jurnal Ilmiah Stok Bina Guna. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Meroda dalam Pembelajaran Senam Lantai melalui Gaya Mengajar Komando pada Siswa Kelas XI SMA GKPS 1 Pematang Raya Kabupaten Simalungu. Maret, 6(1).
Jambi, M., & Jambi, P. (2025). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Meroda Pada Pembelajaran Senam Lantai Melalui Model Permainan untuk Siswa MTs Negeri 6 Muaro Jambi. 6(1), 10–20. https://doi.org/10.33369/gymnastics
Lestari, G., Rindengan, M. E., & Mandey, S. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Flipbook Dalam Literasi Digital Dikelas 3 Sd Gmim 1 Tomohon. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2).
Maulana, F., & Odang, A. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani melalui Metode Pembelajaran Penugasan dalam Materi Pembelajaran Senam Lantai pada Siswa Kelas XII IPS 2 SMA N 2 Kota Sukabumi. Jurnal Kependidikan, 5(1), 27–34.
Maulani, S., Nuraisyah, N., Zarina, D., Velinda, I., & Aeni, A. N. (2022). Analisis Penggunaan Video sebagai Media Pembelajaran Terpadu terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 2(1), 539–546. https://doi.org/10.52436/1.jpti.134
Murtaqi, A., Mubin, D., & Setiawan, W. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Meroda Dalam Senam Lantai Melalui Media Bola Gymnastic Pada Siswa Kelas VIII MTs Roudlotul Mutta’allimin. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olahraga), 3(2), 202–208. https://doi.org/10.36526/kejaora.v3i2.214
Neni Isnaeni, & Dewi Hildayah. (2020). Media Pembelajaran Dalam Pembentukan Interaksi Belajar Siswa. Jurnal Syntax Transformation, 1(5), 148–156. https://doi.org/10.46799/jst.v1i5.69
Riyanto, R. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Demonstrasi dalam Upaya Peningkatan Prestasi belajar Penjaskes yang Memuat Senam lantai Pada Siswa Kelas VIII-B Semester 2 SMP Negeri 5 Tulungagung Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Terapan Pendidikan Dasar Dan Menengah, 2(4), 675–681. https://doi.org/10.28926/jtpdm.v2i4.670
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.