Upaya Meningkatkan Hasil Keterampilan Batting Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Di Sman 8 Semarang

Authors

  • Handryca taufik taufik UPGRIS
  • Muh Isna Nurdin Wibisana
  • Donny Anhar Fahmi
  • Sumantri

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan batting dalam permainan softball pada siswa kelas XI 9 SMA Negeri 8 Semarang. Dari 36 peserta didik (16 laki-laki dan 20 perempuan), hanya 50% yang mencapai ketuntasan minimal, dengan nilai rata-rata 68,2 pada pra siklus. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Kriteria ketuntasan klasikal ditetapkan sebesar 80% dengan nilai rata-rata minimal 70. Pada siklus I, persentase ketuntasan meningkat menjadi 67% dengan nilai rata-rata 72,8, namun belum memenuhi kriteria. Pada siklus II, terjadi peningkatan signifikan dengan persentase ketuntasan mencapai 83% dan nilai rata-rata 78,2, yang berarti sudah memenuhi ketuntasan klasikal. Hasil ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan media paddle efektif dalam meningkatkan keterampilan batting softball. Penelitian ini merekomendasikan agar model PBL dikembangkan lebih lanjut dengan menambahkan pendekatan inovatif guna meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran olahraga, khususnya softball.

References

Danu, A. (2024). Perbandingan Bentuk Latihan Memukul Batting-T Drills Dan Toss Ball Drills Terhadap Produktivitas Hasil Pukulan Dalam Permainan Softball Tim Sman 3 Semarang 2024. UPGRIS, 15(1), 37–48.

Dirgantara, I. M., Parwata, I. G. L. A., & Swadesi, I. K. I. (2024). Problem Based Learning and Direct Learning Models Influence Learning Outcomes on Basic Soft Ball Game Techniques in View of Critical Thinking Ability. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 177–186.

Driska, A. P., & Gould, D. R. (2014). Evaluating a Problem-Based Group Learning Strategy for Online, Graduate-Level Coach Education. Kinesiology Review, 3(4), 227–234. https://doi.org/10.1123/kr.2014-0061

Eko, P., Burhan, H., & Aditya, R. (2016). Dasar dasar softball (Vol. 4, Issue 1).

Febrian, R., Rahayu, E. T., & Suherman, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Pemecahan Masalah ( Pbl ) Yang Di Tinjau Dari Minat Belajar Peserta Didik Dalam Belajar Senam Dasar Universitas Singaperbangsa Karawang PENDAHULUAN Pendidikan sejak lama menjadi perhatian serius pemerintah Indonesia dalam peran. 9(November), 827–833.

Nopandri, R. A., & Wathoni, M. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Peningkatan Hasil Belajar Bola Voli Kelas X IPA SMA Muhammadiyah Ponjong. 2165–2173.

Parwata, I. M. Y. (2021). Pengaruh Metode Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan: Meta-Analisis. Indonesian Journal of Educational Development, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.5281/zenodo.4781835

Ummah, M. S. (2019). Penelitian Tindakan kelas. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_Sistem_Pembetungan_Terpusat_Strategi_Melestari

USA softball. (2011). 2011-2013 USA Softball Procedural Manual.

USA softball. (2018). Rules of softball 2018-2021.

Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F. (2024). Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Panduan Praktis untuk Guru dan Mahasiswa di Institusi Pendidikan. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4), 19. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i4.821

Widyastuti, E. (2013). Softball dan Baseball.

William, H. (2011). Softball: Fast and Slow Pitch.

Wu, J. (2024). Analysis of Problems and Innovative Strategies in College Baseball and Softball Teaching. 6(11), 169–173. https://doi.org/10.25236/IJNDE.2024.061127

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

taufik, H. taufik, Wibisana, M. I. N., Donny Anhar Fahmi, & Sumantri. (2024). Upaya Meningkatkan Hasil Keterampilan Batting Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Di Sman 8 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 2503020311. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/6998

Issue

Section

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2