Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Passing Bawah Peserta Didik SMAN 08 Semarang
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan passing bawah siswa kelas XI-7 SMAN 08 Semarang menggunakan model pembelajaran discovery learning. Penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK), dilaksanakan dalam dua siklus yang dimana setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI-7 yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini dalam kategori tuntas adalah sebanyak 22 siswa dengan persentase 64,7 % di siklus I dan kemudian kategori tuntas 34 siswa dengan persentase 100% di siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan keterampilan passing bawah peserta didil SMAN 08 Semarang khususnya dikelas XI-7 tahun ajaran 2024.
References
Agus S. Suryobroto.(2004). Diktat Mata Kuliah Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani. Yogyakarta: FIK-UNY.
Amaliyyah, Rizqi. No Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Pembelajaran Discovery Learning Title. No. 1, 2021, P. 6.
Kristinaningsih, Y. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Sebagai Upaya Peningkatan Pembelajaran Passing Bawah Bola Voli Pada Siswa VII C SMP Negeri 6 Kota Blitar Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Terapan Pendidikan Dasar Dan Menengah, 1(2), 251–264.
Rendy, F. (2021). Upaya Meningkatkan Aktivitas Gerak Peserta Didik Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Melalui Modifkasi Permainan Bola Besar Di SMP Negeri 6 Pariaman. Fik Unp, 1(6), 6–11.
Saragih, Yaya Sunarya. Meningkatkan Kemampuan Passing Bawah Bola Voli Menggunakan Permainan 3 On 3 Dengan Metode Discovery Learning Pada Siswa Kelas Vii Smp N 5 Rambah Hilir Tp. 2020 / 2021 Oleh SMP N 5 Rambah Hilir Article History Received: 02-06-2022 Accepted: 07-06-2022 Keywords Abstrak Jurnal Pendidikan Rokania Volume 7 Nomor 1 Maret 2022 I 73 - 79 | 74 A.
Suharsimi, Arikunto, dkk. (2006). Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Suryani, T. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament (TGT) Siswa. Wahana Didaktika, 20(1), 68–81.
Vitasari, R., Joharman, & Suryandari, K. C. (2023). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Problem Based Learning Siswa Kelas V SD Negeri 5 Kutosari. Kalam Cendikia PGSD Kebumen, 4(3), 1–8. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/download/2226/1640
Winarko. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar PJOK Materi Bola Voli Menggunakan Permainan 3 On 3 Pada Siswa Kelas VIII-3 SMP Negeri 2 Keruak Masa Covid-19 Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 1(September 2021), 17–30.