Upaya Meningkatkan Kemampuan Senam Lantai Guling Belakang melalui Metode Observasi pada Siswa Siswi Kelas XI KGS 2 SMKN 7 Semarang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan senam lantai khususnya gerakan guling belakang pada siswa kelas XI KGS 2 SMKN 7 Semarang melalui penerapan metode observasi. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya penguasaan teknik guling belakang oleh siswa, yang disebabkan oleh kurangnya pemahaman gerak serta minimnya evaluasi terhadap kesalahan saat praktik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, penilaian unjuk kerja, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan siswa dalam melakukan gerakan guling belakang setelah diterapkannya metode observasi. Dengan adanya umpan balik langsung berdasarkan pengamatan, siswa lebih mampu mengenali dan memperbaiki kesalahan geraknya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa metode observasi efektif dalam meningkatkan kemampuan senam lantai gerakan guling belakang.
References
Gunadi, S., Dimyati, D., & Gani, F. (2023). Hubungan kepercayaan diri dan fleksibilitas tubuh terhadap kemampuan guling belakang siswa SMK. Jurnal Pendidikan Olahraga, 8(2), 45-53.
Hendra, R., & Oktavia, L. (2020). Penerapan pendekatan bermain berbasis observasi untuk meningkatkan kemampuan senam lantai siswa sekolah dasar. Jurnal Olahraga dan Prestasi, 6(1), 34-41.
Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The Action Research Planner. Geelong, Victoria: Deakin University Press.