Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Materi Senam Lantai Gerakan Meroda Dengan Pendekatan TaRL Peserta Didik Kelas VIII H SMP Negeri 2 Semarang

Authors

  • Thoha Mushtofa Shubhi Thoha Universitas PGRI Semarang
  • Pandu Kresnapati Universitas PGRI Semarang
  • Juwahir SMP Negeri 2 Semarang
  • Donny Anhar Fahmi Universitas PGRI Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar senam lantai, khususnya gerakan Meroda, melalui penerapan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) pada siswa kelas VIII H SMP Negeri 2 Semarang. Masalah yang ditemukan adalah rendahnya persentase ketuntasan belajar siswa pada materi Meroda, yaitu hanya 28% yang tuntas pada tahap pra-siklus. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dari siklus ke siklus. Pada siklus I, ketuntasan belajar meningkat menjadi 50%, dan pada siklus II mencapai 89%. Temuan ini membuktikan bahwa pendekatan TaRL dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam melakukan gerakan Meroda dengan benar dan efektif. Selain itu, pendekatan ini juga mendorong siswa untuk belajar sesuai denga tingkat kemampuan serta meningkatkan partisipasi aktif dan kerja sama antar siswa selama proses pembelajaran berlangsung.

References

Amri, Sofan & Ahmadi, Khoiru Lif. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Aqib, Z. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yramawidya.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian. Bandung: PT. Rineka Cipta.

Hadjarati, H., & Haryanto, A. I. (2020). Motivasi Untuk Hasil Pembelajaran Senam Lantai. Multilateral Jurnal Pendidikan jasmani Dan Olahraga, 19(2), 137. https://doi.org/10.20527/multilateral.v19i2.8646

Iskandar (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Cipayung – Ciputat: Gaung Persada (GP).

Luis, B., & Rosado, A. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Meroda dengan menggunakan Kertas dan TaRL “Ninja Warior” sebagai Alat Bantu dalam Proses Pembelajaran. 11, 187–195.

Pratiwi, E., & Asri, N. (2020). Dasar-Dasar Pendidikan jasmani Untuk Guru Sekolah Dasar.In

Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Ulumuddin: JurnaIlmuKeislaman,9(1),4960.https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283.

Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga. http://eprints.uniska-bjm.ac.id/5823/1/B5 DASAR PENDIDIKAN JASMANI GURU SD-1.pdf.

Sepdanius, Endang, et al. (2019). Tes dan Pengukuran OLahraga. In Nucl. Phys. (Vol. 13, Issue1).

Soedarsono, FX. 2001. Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas. DEPDIKNAS: DIRJEN DIKTI.

Supriyadi, M. (2018). Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar Pendidikan jasmani Olahraga dan Kesehatan Pada Sekolah Dasar. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan jasmani Dan Olahraga (JPJO), 1(2), 64–73. https://doi.org/10.31539/jpjo.v1i2.136

Sutopo, W. G., & Sukoco, P. (2020). Pengembangan Model Alat Bantu Guling Belakang Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas Atas. JSH: Journal of …, 1(2), 84–92. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/JSH/article/view/1233

Wicaksono, L. (2017). Pelaksanaan Pendidikan jasmani dan Olahraga Anak Usia Dini. Jiunal Pendidikan Anak, 274–282. https://core.ac.uk/download/pdf/294953011.pdf

Yudhistira, Dadang. (2012). Menulis Penelitian Tindakan Kelas yang APIK. Jakarta: PT Grasindo.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Thoha, T. M. S., Pandu Kresnapati, Juwahir, & Donny Anhar Fahmi. (2024). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Materi Senam Lantai Gerakan Meroda Dengan Pendekatan TaRL Peserta Didik Kelas VIII H SMP Negeri 2 Semarang . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 2503020278. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7125

Issue

Section

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>