Penerapan Modifikasi Pembelajaran Menggunakan Ikat Pinggang Dengan Model Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Passing Bawah Pada Pembelajaran Bola Voli Kelas X Sma N 8 Semarang

Authors

  • Muhammad YanuarKhilman UniversitasPGRISemarang
  • Noviana dini Universitas PGRI Semarang
  • Donny Anhar Fahmi Universitas PGRI Semarang
  • Suindriyo SMAN 08 Semarang

Abstract

 

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar permainan bola voli, khususnya gerakan passing bawah bola voli, melalui Penerapan pembelajaran menggunakan ikat pinggang dengan model Problem Based Learning terhadap peningkatan kemampuan passing bawah pada pembelajaran bola voli kelas X SMA N 8 Semarang tahun pelajaran 2025. Masalah yang ditemukan adalah rendahnya persentase ketuntasan belajar siswa pada materi passing bawah bola voli, yaitu hanya 14 peserta didik (39%) yang tuntas pada tahap pra-siklus. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dari siklus ke siklus. Pada siklus I, ketuntasan belajar meningkat menjadi 50%, dan pada siklus II mencapai 88,89%. Temuan ini membuktikan bahwa penerapan modifikasi pembelajaran dengan model Problem  Based Learning pada pembelajaran bola voli dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam melakukan gerakan passing bawah bola voli dengan benar dan efektif.

References

Hadjarati, H., & Haryanto, A. I. (2020). Motivasi Untuk Hasil Pembelajaran Bola voli. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 19(2), 137. https://doi.org/10.20527/multilateral.v19i2.8646

Pratiwi, E., & Asri, N. (2020). Dasar-Dasar Pendidikan Jasmani Untuk Guru Sekolah Dasar.In

Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga. http://eprints.uniska-bjm.ac.id/5823/1/B5 DASAR PENDIDIKAN JASMANI GURU SD-1.pdf.

Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Ulumuddin: JurnaIlmuKeislaman,9(1),4960.https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283.

Sepdanius, Endang, et al. (2019). Tes dan Pengukuran OLahraga. In Nucl. Phys. (Vol. 13, Issue1).

Supriyadi, M. (2018). Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Pada Sekolah Dasar. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga (JPJO), 1(2), 64–73. https://doi.org/10.31539/jpjo.v1i2.136

Wicaksono, L. (2017). Pelaksanaan Pendidikan Jasmani dan Olahraga Anak Usia Dini. Jiunal Pendidikan Anak, 274–282. https://core.ac.uk/download/pdf/294953011.pdf

Amri, Sofan & Ahmadi, Khoiru Lif. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Iskandar (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Cipayung – Ciputat: Gaung Persada (GP).

Soedarsono, FX. 2001. Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas. DEPDIKNAS: DIRJEN DIKTI.

Yudhistira, Dadang. (2012). Menulis Penelitian Tindakan Kelas yang APIK. Jakarta: PT Grasindo.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian. Bandung: PT. Rineka Cipta.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

YanuarKhilman, M., dini, N., Anhar Fahmi, D., & Suindriyo. (2024). Penerapan Modifikasi Pembelajaran Menggunakan Ikat Pinggang Dengan Model Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Passing Bawah Pada Pembelajaran Bola Voli Kelas X Sma N 8 Semarang . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 2503020266. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7149

Issue

Section

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Most read articles by the same author(s)