Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi dengan Menggunakan Metode Example Non Example dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 37 Semarang Tahun Ajaran 2024/2025
Keywords:
keterampilan menulis puisi, model example non example, gambar, penelitian tindakan kelasAbstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 37 Semarang melalui penerapan metode pembelajaran Example Non Example berbasis gambar. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan peserta didik dalam mengembangkan ide dan memilih diksi yang tepat dalam menulis puisi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi, catatan lapangan, dan rubrik penilaian puisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan menulis puisi peserta didik dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, nilai rata-rata keterampilan menulis puisi peserta didik berada pada kategori cukup, sementara pada siklus II meningkat menjadi kategori baik. Peningkatan ini mencakup aspek kesesuaian isi dengan tema, pemilihan diksi, penggunaan rima, dan gaya bahasa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode Example Non Example berbasis gambar efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis puisi peserta didik.
References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Dapoenk. (2010). Apresiasi Puisi: Teori dan Aplikasi. Jakarta: CV Dapoenk Media.
Keraf, G. (2004). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Tarigan, H. G. (2008). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.