Implementasi Pendekatan TaRL Dalam Pembelajaran Olahraga Untuk Meningkatkan Capaian Belajar Melalui Permainan Bola Voli Siswa SMK Negeri 3 Semarang

Authors

  • Yuwono Putu Wijaya Sarwono Universitas PGRI Semarang
  • Muh Isna Nurdin Wibisana
  • Dani Slamet Pratama

Abstract

ABSTRAK

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya capaian belajar siswa dalam pembelajaran olahraga di SMK Negeri 3 Semarang. Hal ini ditunjukkan oleh minimnya tingkat ketuntasan belajar siswa sebelum diterapkannya metode pembelajaran yang inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan capaian belajar siswa melalui penerapan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) dalam pembelajaran olahraga. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kuantitatif, menggunakan model Kemmis dan McTaggart yang terdiri atas dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI TKL 1 SMK Negeri 3 Semarang sebanyak 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan TaRL efektif dalam meningkatkan capaian belajar siswa. Rata-rata ketuntasan belajar siswa meningkat secara signifikan, yaitu dari 20% pada pra-siklus menjadi 53% pada siklus I, dan mencapai 83% pada siklus II. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan TaRL dapat meningkatkan capaian belajar siswa dalam pembelajaran olahraga di SMK Negeri 3 Semarang.

References

Asyari, Saiful. 2020. “Supervisi Kepala Madrasah Berbasis Penilaian Kinerja sebagai Upaya Peningkatan Profesionalitas Guru.” JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management 2 (1): 27–40. https://doi.org/10.35719/jieman.v2i1.14.

Cicilia, Indah, Marsidi, Martini, dan Gunawan Santoso. 2022. “Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Upaya Membentuk Generasi Penerus Bangsa yang Berkarakter.” Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra) 1 (03): 146–55.

Hadiawati, Nurhalima Meirina, Aulya Nanda Prafitasari, dan Ika Priantari. 2024. “Pembelajaran Teaching at the Right Level sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka.” Jurnal Teknologi Pendidikan 1 (4): 8. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i4.95.

Ichiana, Nidya Nina, Abdul Razzaq, dan Andi Kamal Ahmad. 2023. “Orientasi Kurikulum Merdeka: Hambatan Belajar Matematika dalam Capaian Pembelajaran Berpusat pada Peserta Didik.” Jurnal Pendidikan Mipa 13 (4): 1162–73.

Maula, Tika Fauziatul, Latif Masjkuri, dan Etif Peniati. 2023. “Peningkatan Minat Belajar MelaluiPendekatan Tarl Materi Struktur Bumi dan Perkembangannya Di SMP N 42 Semarang.” PTK dan Pendidikan 9 (1): 1571–81.

Muhammad Afriansyah Novianto, dan Munirul Abidin. 2023. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 2 Kedungkandang Malang.” Al-fahim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 5 (2): 241–51. https://doi.org/10.54396/alfahim.v5i2.728.

Ningrum, Melinda Cahya, Budi Juwono, dan Imam Sucahyo. 2023. “Implementasi Pendekatan TaRL untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Fisika.” PENDIPA Journal of Science Education 7 (1): 94–99.

Radiant Putra, Febbyananda Rigiddwi, dan Fajar Ari Widiyatmoko. 2023. “Upaya Pengembangan Bakat Olahraga Siswa Di SMA Negeri 1 Babadan Ponorogo.” Journal of Physical Activity and Sports (JPAS) 3 (3): 142–46. https://doi.org/10.53869/jpas.v3i3.174.

Rismayanthi, Cerika. 2011. “Optimalisasi Pembentukan Karakter Dan Kedisiplinan Siswa Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan.” Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia 8 (1): 10–17.

Sahrun, Nisa, Mai Sri Lena, Ghita Hasna Thayyiba, dan Intan Dwi Puspita. 2023. “Analisis Penyusunan Capaian Pembelajaran Matematika di Kurikulum Merdeka di SDS Trisula Perwari.” Jurnal Ilmiah Multidisiplin 1 (5): 2986–6340.

Syarifudin, Syahriani Yulianci, Suriya Ningsyih, Mila Septian Hidayah, Mariamah, dan Irfan. 2022. “Pengaruh pembelajaran dengan metode Teaching at The Right Level ( TaRL ) terhadap kemampuan literasi dasar siswa.” Seminar Nasional Inovasi, 22–27.

Wijaya, Dayu Herdiyan, Maftukin Hudah, dan Pandu Kresnapati. 2021. “Tingkat Kebugaran Jasmani Pada Santri Putra Usia 12 - 16 Tahun di Pondok Pesantren Addainuriyah 2 Pedurungan Semarang.” Journal of Physical Activity and Sports (JPAS) 2 (1): 29–37. https://doi.org/10.53869/jpas.v2i1.73.

Yudha Prawira, Asrori, Eko Prabowo, dan Fajar Febrianto. 2021. “Model Pembelajaran Olahraga Renang Anak Usia Dini: Literature Review.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 7 (2): 300–308. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.995.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Sarwono, Y. P. W., Muh Isna Nurdin Wibisana, & Dani Slamet Pratama. (2024). Implementasi Pendekatan TaRL Dalam Pembelajaran Olahraga Untuk Meningkatkan Capaian Belajar Melalui Permainan Bola Voli Siswa SMK Negeri 3 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 2503020316. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7156

Issue

Section

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi