UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PSIKOMOTORIK MATERI ROLL DEPAN DENGAN PENDEKATAN TaRL DI KELAS VIII SMPN 2 SEMARANG

Authors

  • Unggul Kartiko Wibowo Unggul Universitas PGRI Semarang
  • Sri Suneki UPGRIS
  • Pandu Kresnapati
  • Juwahir

Keywords:

TaRL Learning, Floor Exercises

Abstract

 

Penelitian ini didasari dari siswa saat melakukan gerakan roll depan masih kurang maksimal sehingga dalam prakteknya siswa masih kesulitan dan belum menguasai teknik tersebut dengan baik. Selain itu dalam pembelajarannya masih ditemukan adanya siswa yang belum mengoptimalkan waktu pembelajaranya sebaik mungkin dengan banyak tidak memperhatikan guru dan cenderung bosan. Dalam penelitian ini peneliti mempunyai tujuan untuk meningkatkan hasil belajar aktivitas senam lantai materi roll depan dengan pendekatan pembelajaran TaRL. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang berlangsung  dalam 2 siklus dengan 2 pertemuan. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas VIII  SMPN 2 Semarang yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data dengan observasi pembelajaran dan keterampilan. Pada siklus I presentase siswa mencapai 54,5% yang tuntas KKM dan 45,4% yang belum tuntas KKM. Pada siklus II terjadi peningkatan yang masuk kedalam kategori tuntas memenuhi KKM sebanyak 27 siswa atau 84,9% dan 5 siswa atau 15,1%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan pendekatan pembelajaran TaRL dalam pembelajaran aktivitas senam lantai materi roll depan pada siswa kelas VIII SMPN 2 Semarang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

References

Almiza, S. (2023). Kontribusi Kekuatan Otot Lengan Dan Tungkai Terhadap Gerakan Meroda Pada Senam Lantai Di Kelas Vii Smp N 16 Lambu Kibang. 7(12), 27120–27129. http://digilib.unila.ac.id/70599/

Arifin, S. (2021). Peran Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Dalam Kegiatan Pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Di Smk Negeri Se-Kabupaten Bengkulu Utara. SPORT GYMNASTICS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 2(2), 319–327. https://doi.org/10.33369/gymnastics.v2i2.17102

Erlinkha, Siti, Sawitri Komarayanti, and Yeni Vida Ervina. "Peningkatan Hasil Belajar Biologi Melalui Metode Pembelajaran Tarl (Teaching at The Right Level) pada Siswa Kelas X. 5 SMA Negeri 1 Jember." Jurnal Biologi 1.4 (2024): 1-11.

hidayatul akbar, sri gusti handayani. (2024). Tinjauan Implementasi Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Senam Lantai Meroda DI SMPN 2 Padang. 7(10), 2372–2381.

JASMINE, K. (2020). hubungan antara kekuatan otot lengan, kelentukan tubuh dan indeks massa tubuh terhadap peningkatan prestasi roll depan pada siswa di MI GUPPI SEKAR. Penambahan Natrium Benzoat Dan Kalium Sorbat (Antiinversi) Dan Kecepatan Pengadukan Sebagai Upaya Penghambatan Reaksi Inversi Pada Nira Tebu, 7–25.

Lesmono, J. B. (2020). Upaya Peningkatan Keberanian Siswa Dalam Meroda Melalui Pendekatan Bermain Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 2 Sidoluhur Kecamatan Ambal Kabupaten Kebumen Tahun Ajaran 2015/201. PGSD Penjaskes, 1–8. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd-penjaskes/article/viewFile/3774/3391

Mabrur, M., Setiawan, A., & Mubarok, M. Z. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Guling Depan Senam Lantai. Physical Activity Journal, 2(2), 193. https://doi.org/10.20884/1.paju.2021.2.2.4014

Murtaqi, A., Mubin, D., & Setiawan, W. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Meroda Dalam Senam Lantai Melalui Media Bola Gymnastic Pada Siswa Kelas VIII MTs Roudlotul Mutta’allimin. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olahraga), 3(2), 202–208. https://doi.org/10.36526/kejaora.v3i2.214

Natalis Nggaa, P. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Senam Lantai Guling Depan Pada SMP. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 32–38. http://ejournal.upg45ntt.ac.id/index.php/ciencias/index

Oksyalia, D., Suntoda, A., Mahendra, A., & Hidayat, A. (2020). Upaya Meningkatkan Gerakan Meroda Menggunakan Pola Gerak Dominan dalam Pembelajaran Senam Lantai. TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 2(1), 23. https://doi.org/10.17509/tegar.v2i1.13777

Putri, Zahrah Fathinnisa, Arief Aulia Rahman, and Andini Fitri Tanjung. "Penerapan Model Problem Based Learning Terintegrasi Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa." Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika 4.2 (2024): 933-942.

Rahman, M. A., Nanik Indahwati, & Novilia Puspa Widiyanti. (2023). Penerapan Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Pola Gerak Dominan. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga, 3(2), 192–201. https://doi.org/10.55081/jumper.v3i2.986

Reza, E. A., Syafei, M. M., & Achmad, I. Z. (2021). Tingkat Rasa Percaya Diri Siswa pada Pembelajaran Senam Lantai. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga (JPJO), 4(2), 142–149. https://doi.org/10.31539/jpjo.v4i2.1832

Ronal Widianto, M. Y. M. (2024). PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBASIS KEBUTUHAN BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GULING DEPAN SENAM LANTAI PADA SISWA SMP KELAS VII. 09.

Santoso, J. A. (2020). PERBEDAAN PENGARUH PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN ALAT BANTU DAN TANPA ALAT BANTU TERHADAP KEMAMPUAN MERODA PADA SISWA KELAS VIIIB SMP NEGERI 27 SURAKARTA. Экономика Региона, 32.

Suprapta. (2020). MENINGKATKAN MINAT SISWA DALAM MERODA DENGAN PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KALIDUREN KECAMATAN MOYUDAN KABUPATEN SLEMAN. 6.

Syah, A. R., & Riyadi, S. (2020). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MERODA SENAM LANTAI MELALUI PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DAN TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS XII SMK NEGERI 1 KARANGANYAR. Analisis Kesejahteraan Mustahiq Dan Non Mustahiq Perspektif Maqaashidus Syariah, v(Syariah Economic, Zakat), 1–7.

Umam, Z. K., Risma, R., & Kardani, G. (2023). Pengaruh Tingkat Kecemasan Siswa Terhadap Pembelajaran Teknik Meroda Di Mts Bahrul Anwar Cipaku. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 4(2), 572. https://doi.org/10.25157/j-kip.v4i2.10743

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Unggul, U. K. W., Sri Suneki, Pandu Kresnapati, & Juwahir. (2024). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PSIKOMOTORIK MATERI ROLL DEPAN DENGAN PENDEKATAN TaRL DI KELAS VIII SMPN 2 SEMARANG. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 2503020259. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7161

Issue

Section

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.