Implementasi Model PBL Berbantu Media Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Aklimatisasi Tanaman Anggrek

Authors

  • Sofia Hidayatur Rohmah Unversitas PGRI Semarang
  • Atip Nurwahyunani Universitas PGRI Semarang
  • Ipah Budi Minarti Universitas PGRI Semarang
  • Ida Adiawati SMKN H. Moenadi

Keywords:

hasil belajar, materi aklimatisasi, problem based learning, Quizizz

Abstract

Tingkat pemahaman peserta didik terhadap mata pelajaran Agribisnis Tanaman Hias yang masih rendah berdampak pada capaian hasil belajar yang kurang optimal di kelas XI ATPH 5 SMKN H. Moenadi. Hal ini menjadi dasar dilaksanakannya penelitian tindakan kelas ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan hasil belajar peserta didik dengan memanfaatkan model Problem Based Learning dengan media Quizizz. Objek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI ATPH 5 SMKN H. Moenadi sebanyak 31 siswa. Data dikumpulkan dengan melakukan observasi kelas dan hasil kuis melalui media Quizizz yang dihitung dengan persentase ketuntasan klasikal. Penelitian ini menunjukkan metode Problem Based Learning yang dikombinasikan dengan pemanfaatan media Quizziz mampu membantu meningkatkan persentase ketuntasan klasikal di siklus I sebesar 12,9 % dan 32,26% di siklus II.

Author Biographies

Atip Nurwahyunani, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Biologi, FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang

Ipah Budi Minarti, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Biologi, FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang

References

Amikratunnisyah, A. & Sedya, S. (2022). Implementasi Video Pembelajaran Berbasis Canva pada Pembelajaran Sains Materi Rotasi dan Revolusi Bumi. Jurnal Lentera: Kajian Keagamaan, Keilmuan dan Teknologi, 21(2), 245-254.

Aminah, S. (2018). Efektivitas Metode Eksperimen Dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Jurnal Indragiri, 1(4).

Arikunto, S., & dkk. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara

Bahri, A., Putriana, D., & Idris, I. S. (2018). Peran PBL dalam Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Biologi. Jurnal Sainsmat, 114-124.

Citra, C. A., & Rosy, B. (2020). Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Teknologi Perkantoran Peserta didik Kelas X SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8, 261–272. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/8242/4081

Darmawan, H., & Nawawi, N. (2020). Pengembangan media pembelajaran Interaktif dan Lembar Kerja Peserta didik pada materi Virus. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 5(1), 27-36.

Dewi, H. (2019). Penerapan Metode Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Ketuntasan Belajar Fisika Berbantuan Evaluasi Quizizz Di Sekolah Bersistem Kredit Semester. E-Jurnal Mitra Pendidikan, 3(10), 1298–1313.

Irfan, M. (2019). Pengaruh Penerapan Metode Resitasi terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta didik SMA. BIOMA, 1(01), 47-55.

Junior, J. B. B. (2020). Assessment for Learning with Mobile Apps Exploring The Potential of Quizizz In The Educational Context. International Journal of Development Research, 10(1), 33366–33371 .

Lim, T. M., & Yunus, M. M. (2021). Teachers’ perception towards the use of Quizizz in the teaching and learning of English: A systematic review. Sustainability (Switzerland), 13(11). https://doi.org/10.3390/su13116436

Minarti, I. B., Nurwahyunani, A., & Purichasari, D. (2023). Assessment literacy profile of science teachers in SMAN 1 Gubug. IJRE, 3(1), 42-50.

Minarti, I. B., Rachmawati, R. C., & Aulia, W. (2022). Analisis Kesiapan Guru dalam Implementasi Asesmen Autentik Pembelajaran Biologi pada Kurikulum Merdeka di SMA Negeri se-Kabupaten Kebumen. Journal on Education, 04(04), 2029-2039.

Palennari, M., & Rachmawaty, L. (2021). Keterampilan Pemecahan Masalah Peserta Didik Studi Kasus di SMA Negeri 1 Wonomulyo. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 208-216.

Rachmawati, R. C., & Diningsih, E. (2021). Pengenalan Sosio Scientific Issue secara Daring terhadap Kemampuan Penalaran Siswa. Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 15(1), 31-36.

Rachmawati, R. C., & Nurwahyunani, A., (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Keanekaragaman Hewan Berbasis Game – Offline Pada Mahasiswa Calon Guru Pendidikan Biologi Universitas PGRI Semarang. Pancasakti Science Education Journal, 3(1), 9-17.

Ricu Sidiq, & Najuah. (2020). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Sejarah, 9(1), 1–14.

Utami, N. R. (2022). Aklimatisasi Anggrek Species Hasil Kultur Jaringan Melalui Pemberdayaan Masyarakat Dusun Gempol. Sarwahita : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 19 (1), 171-181.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Sofia Hidayatur Rohmah, Atip Nurwahyunani, Ipah Budi Minarti, & Ida Adiawati. (2024). Implementasi Model PBL Berbantu Media Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Aklimatisasi Tanaman Anggrek. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 2503020375. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7175

Issue

Section

Agri Bisnis dan Tanaman