Implementasi Pendekatan TaRL untuk Meningkatkan Keterampilan Passing Bawah dalam Permainan Bola Voli pada Siswa Kelas X-TITL 1 SMK Negeri 3 Semarang

Authors

  • Syaiful Amin Universitas PGRI Semarang
  • Dani Slamet Pratama Universitas PGRI Semarang
  • Setiyawan Universitas PGRI Semarang
  • Ashar Junaidi Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Teaching at the right level, Passing, bola voli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan passing bawah dalam permainan bola voli melalui penerapan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) pada siswa kelas X-TITL 1 SMK Negeri 3 Semarang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 34 siswa. Berdasarkan hasil diskusi dan temuan penelitian, diketahui bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam keterampilan passing siswa. Pada tahap prasiklus, hanya 38% siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP), namun angka tersebut meningkat menjadi 56% pada siklus I dan mencapai 88% pada siklus II. Peningkatan ini mencerminkan efektivitas pendekatan TaRL yang memungkinkan siswa belajar sesuai dengan tingkat kemampuannya masing-masing. Pendekatan ini terbukti meningkatkan motivasi, rasa percaya diri, serta memperkecil kesenjangan capaian akademik antara siswa berkemampuan tinggi dan rendah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pendekatan TaRL dapat dijadikan alternatif strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan keterampilan passing bawah dalam permainan bola voli. Disarankan agar pendekatan ini diterapkan secara lebih luas pada pembelajaran olahraga lainnya yang berfokus pada pengembangan keterampilan

Author Biographies

Dani Slamet Pratama, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas PGRI Semarang

Setiyawan, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas PGRI Semarang

Ashar Junaidi, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas PGRI Semarang

References

Bangun, W. (2012). Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Nasution, S. (2016). Didaktik Asas Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Sukintaka, A. (2004). Pengantar Ilmu Kepelatihan Olahraga. Yogyakarta: FIK UNY.

Yusmar, Y. (2017). Permainan Bola Voli: Teknik dan Strategi. Bandung: Alfabeta.

Widiastuti, R. (2019). "Implementasi Pembelajaran Permainan Bola Voli di Sekolah Menengah." Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 2(1), 21–28.

Raihanati, & Wahyudi, R. (2021). "Teknik Dasar Bola Voli: Passing." Jurnal Olahraga Rekreasi, 5(2), 56–63.

Pribadi, D. (2018). Pelatihan Dasar Bola Voli untuk Pemula. Surabaya: Unesa Press.

Yuliana, S. (2020). "Analisis Kesalahan Teknik Passing dalam Permainan Bola Voli." Jurnal Pendidikan Olahraga, 8(3), 87–95.

Saputra, H., & Hidayat, T. (2020). "Evaluasi Pembelajaran PJOK di SMK." Jurnal Evaluasi Pendidikan, 10(2), 113–120.

Siregar, D., & Andriany, N. (2025). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi dan TaRL. Medan: EduMedia.

Banerjee, A., et al. (2016). "Mainstreaming an Effective Intervention: Evidence from Randomized Evaluations of 'Teaching at the Right Level' in India." NBER Working Paper.

Duflo, E., et al. (2020). Good Economics for Hard Times. New York: PublicAffairs.

Slamet, Y. (2021). "Pendekatan Adaptif dalam Pembelajaran PJOK." Jurnal Ilmu Pendidikan Jasmani, 3(1), 45–54.

Santosa, B. (2022). "Penerapan TaRL dalam Pembelajaran Bola Voli." Jurnal Olahraga Sekolah, 4(2), 100–107.

Kurniawan, A., & Nurhayati, F. (2023). "Pembelajaran Berdasarkan Tingkat Kemampuan: Studi Kasus di SMK." Jurnal Inovasi Pendidikan, 11(1), 33–41.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Amin, S., Pratama, D. S., Setiyawan, & Junaidi, A. (2024). Implementasi Pendekatan TaRL untuk Meningkatkan Keterampilan Passing Bawah dalam Permainan Bola Voli pada Siswa Kelas X-TITL 1 SMK Negeri 3 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 2503020353. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7240

Issue

Section

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.