Upaya Meningkatkan Keterampilan Passing Bawah Permainan Bola Voli Dengan Pendekatan TaRL Pada Peserta Didik XI Perhotelan A di SMK Negeri 1 Bawen

Authors

  • Anita Septiana Firdaus Universitas PGRI Semarang
  • Theresia Cicik Sophia Budiman Universitas PGRI Semarang
  • Yulia Ratimiasih Universitas PGRI Semarang
  • Kingkin Lutfiyani SMK Negeri 1 Bawen

Keywords:

, teaching at the right level, passing bawah, Bola Voli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan passing bawah dalam permainan bola voli dengan menggunakan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) pada peserta didik kelas XI Perhotelan A di SMK Negeri 1 Bawen. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 36 peserta didik. pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen berupa lembar penilaian keterampilan passing bawah, lembar observasi aktivitas peserta didik, dan lembar observasi guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan TaRL mampu meningkatkan keterampilan passing bawah peserta didik. pada kondisi awal, terdapat 6 peserta didik yang mampu melakukan passing bawah dengan benar. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, jumlah peserta didik yang mencapai kriteria meningkat menjadi 13 orang. Pada siklus II, jumlah tersebut kembali meningkat menjadi 23 peserta didik. Artinya, lebih dari 64% peserta didik telah mencapai ketuntasan belajar. Dengan demikian, pendekatan TaRL terbukti efektif dalam membantu meningkatkan keterampilan passing bawah bola voli peserta didik.

References

Amalia, D. K., & Adi, P. (2023). Implementasi Teaching at the Right Level (TaRL) dalam mewujudkan kurikulum merdeka di SMP Negeri 2 Pakis. Jurnal Pendidikan MIPA, 14(2), 105–114. https://journal3.um.ac.id/index.php/mipa/article/view/5312

Dhedhy, Y. (2018). Pembentukan Karakter Anak Dengan Jiwa Sportif Melalui Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Jurnal Sportif, 2(1), 101–112.

Dwinata Nandaka, P., Sudiana, I. K., & Doddy tisna MS, G. (2022). Pengaruh Metode Latihan Bola Gantung Terhadap Daya Ledak Otot Tungkai Dan Ketepatan Smash Pada Peserta Ekstrakurikuler Bola Voli Smpn 2 Purwoharjo. Jurnal Pendidikan Kepelatihan Olahraga Undiksha, 13(2), 67–73. https://doi.org/10.23887/JJPKO.V13I2.53791

Faisal, A. (2022). Upaya Meningkatkan Proses Pembelajaran Passing Bawah Bola Voli Kelas XI GP SMK Negeri 2 Karang Baru melalui Pendekatan Teaching Games For Understanding (TGFU) Tahun 2022. Multiverse: Open Multidisciplinary Journal, 1(3). https://doi.org/10.57251/multiverse.v1i3.765

Fernández-Rio, J. M., & Méndez-Giménez, A. (2015). El Aprendizaje Cooperativo: Modelo Pedagógico para Educación Física (Cooperative learning: Pedagogical Model for Physical Education). Retos, 29, 201–206. https://doi.org/10.47197/retos.v0i29.38721

Hadiawati, N. M., Prafitasari, A. N., & Priantari, I. (2024). Penerapan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) dalam pembelajaran berpusat pada peserta didik. Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(1), 45-56.

https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4436

https://edu.pubmedia.id/index.php/jtp/article/view/95

Masfufah, M., Darmawan, D., & Masnawati, E. (2023). Strategi manajemen kelas untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Manivest: Jurnal Manajemen, Ekonomi, Kewirausahaan, Dan Investasi, 1(2), 214-228.

Masroni, A. H., & Hariyanto, E. (2021). Survei Keterampilan Teknik Dasar Bolavoli Ekstrakurikuler Bolavoli Sekolah Menengah Atas. Sport Science and Health, 3(5), 284-293.

Mukhlis, M., Rasyidi, A., Husna, H., Nabriz, A., & Akbar, A. F. (2024). Tujuan pendidikan Islam: Dunia, akhirat dan pembentukan karakter Muslim dalam membentuk individu yang berakhlak dan berkontribusi positif. AL GHAZALI: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 1-20.

Nurodin, D., Asmawi, M., Nurfitri, W., Lubis, J., & Humaid, H. (2024). Optimizing Volleyball Bottom Passing Skills: Unveiling the Impact of the STAD Learning Model on Learning Outcomes. KnE Social Sciences, 180-189. https://doi.org/10.18502/kss.v9i31.17568

Parelleseng, R. (2021). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PASSING BAWAH PADA PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA MURID KELAS V (LIMA) UPT SD NEGERI 198 PAO (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALOPO).

Petrik, I., Eremenko, A., Smirnova, N., & Rybalchenko, N. (2024). Meningkatkan Pembelajaran Passing Bawah Bola Voli Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Pada Siswa Kelas V SDN Jangka Tahun Pelajaran 2017/2018. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 1(1). https://doi.org/10.20935/ACADNANO7380

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–870. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V4I4.460

Ramdani, N., Nugraheni, W., & Septiadi, F. (2023). Aspek Afektif Dalam Pembelajaran Penjas: Bagaimana Kontribusi Metode Permainan Terhadap Level Taksonomi Bloom Siswa?. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1673-1678.

Sari, Y. Y., Ulfani, D. P., & Ramos, M. (2024). Pentingnya Pendidikan Jasmani Olahraga Terhadap Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Pendidikan, 6(2), 478-488.

Sarwita, T. (2017). Pengaruh Latihan Passing Bawah Berpasangan Terhadap Ketepatan Passing Bawah Dalam Permainan Bola Voli Pada Klub Pervodac. Jurnal Penjaskesrek, 4(1), 31-37.

Setia Budi, A. (2021). Pengaruh Latihan Passing Bawah ke Dinding dan Berpasangan Terhadap Keterampilan Bola Voli pada Siswa Ekstrakurikuler di SMP Negeri 13 Tanjung Jabung Timur. Indonesian Journal of Sport Science and Coaching, 3(2), 45–52. https://doi.org/10.22437/ijssc.v3i2.15626

Setiawan, A. (2021). Pengaruh Model Kooperatif Think Pair Share (Tps) Terhadap Hasil Belajar Passing Bawah Dalam Bola Voli Kelas Viii Smp N 1 Japah Tahun Ajaran 2019/2020. Journal of Physical Activity and Sports (JPAS), 2(3), 369–374. https://doi.org/10.53869/jpas.v2i3.117

Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F. (2024). Metode penelitian tindakan kelas (PTK): Panduan praktis untuk guru dan mahasiswa di institusi pendidikan. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4), 19-19. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i4.821

Yhunanda, Y., Yoenanto, N. H. N., & Nur, A. F. (2023). Strategi pembelajaran guru yang efektif dalam perspektif prinsip DAP (Developmentally Appropriate Practice) di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1), 2442–9511.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Septiana Firdaus, A., Sophia Budiman, T. C., Ratimiasih, Y., & Lutfiyani, K. (2025). Upaya Meningkatkan Keterampilan Passing Bawah Permainan Bola Voli Dengan Pendekatan TaRL Pada Peserta Didik XI Perhotelan A di SMK Negeri 1 Bawen. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 2503020232. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7241

Issue

Section

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.