Upaya Meningkatkan Keterampilan Service Bawah Bola Voli Dengan Pendekatan TaRL Pada Siswa Kelas X UPT A SMK Negeri 1 Bawen
Keywords:
bola voliAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pembelajaran service bawah bola voli menggunakan Pendekatan TaRL Pada Siswa Kelas X UPT A SMK Negeri 1 Bawen Semarang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian ini adalah 35 siswa kelas X UPT A. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data adalah lembar penilaian service bawah, lembar observasi untuk siswa dan lembar observasi untuk guru. Berdasarkan hasil observasi, pembahasan dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran service bawah melalui pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) pada siswa kelas X UPT A SMK Negeri 1 Bawen selama 2 siklus dapat meningkatkan keterampilan belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan hasil belajar siswa dari 35 siswa pada kondisi awal jumlah siswa yang mampu melakukan aspek penilain service bawah hanya 7 siswa, dan pada siklus I meningkat menjadi 13 siswa, kemudian pada siklus II, meningkat menjadi 28 siswa yang mampu melakukan aspek penilain service bawah dengan benar. Sehingga ketuntasan dalam kelas tersebut sudah lebih dari 80% siswa yang tuntas belajar.
References
Agus. S. Suryobroto. 2004. Diktat Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani. Yogyakarta: Fakultas IlmuKeolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta.
Ahmadi, N. (2007). Panduan olahraga bola voli / Nuril Ahmadi ; Editor: Didin.
Alfyanti, A., Siregar, F. H., Padang, I. N., Ginting, J. R., Melati, S. A., & Siregar, F. S. (2024). Pentingnya Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan bagi Anak Sekolah Dasar. JETBUS: Journal of Education Transportation and Business, 1(1), 26–33. https://doi.org/10.57235/JETBUS.V1I1.2722
Arikunto, S. (2007). Prosedur Penelitian: suatu pendekatan praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
Astuti, Y. (2017). Pengaruh Metode Drill dan Metode Bermain Terhadap Keterampilan Bermain Bola Voli Mini (Studi Eksperimen Pada Siswa SD Negeri 14 Kampung Jambak Kecamatan Koto Tangah Kota Padang). Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 4(1), 01. https://doi.org/10.24235/AL.IBTIDA.SNJ.V4I1.1276
Dwinata Nandaka, P., Sudiana, I. K., & Doddy tisna MS, G. (2022). Pengaruh Metode Latihan Bola Gantung Terhadap Daya Ledak Otot Tungkai Dan Ketepatan Smash Pada Peserta Ekstrakurikuler Bola Voli Smpn 2 Purwoharjo. Jurnal Pendidikan Kepelatihan Olahraga Undiksha, 13(2), 67–73. https://doi.org/10.23887/JJPKO.V13I2.53791
Fernández-Rio, J. M., & Méndez-Giménez, A. (2015). El Aprendizaje Cooperativo: Modelo Pedagógico para Educación Física (Cooperative learning: Pedagogical Model for Physical Education). Retos, 29, 201–206. https://doi.org/10.47197/retos.v0i29.38721
Herlina, H., & Suherman, M. (2020). Potensi pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (pjok) di tengah pandemi corona virus disease (covid)-19 di sekolah dasar. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education, 8(1), 1-7.
Masroni, A. H., & Hariyanto, E. (2021). Survei Keterampilan Teknik Dasar Bolavoli Ekstrakurikuler Bolavoli Sekolah Menengah Atas. Sport Science and Health, 3(5), 284–293. https://doi.org/10.17977/UM062V3I52021P284-293
Palao, J. M., Santos, J. A., & Ureña, A. (2004). The effect of team quality, set score and game location on the number of serves and serve effectiveness in high-level men's volleyball. Journal of Human Kinetics, 11, 115-122
Petrik, I., Eremenko, A., Smirnova, N., & Rybalchenko, N. (2024). Meningkatkan Pembelajaran Service Bawah Bola Voli Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Pada Siswa Kelas V SDN Jangka Tahun Pelajaran 2017/2018. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 1(1). https://doi.org/10.20935/ACADNANO7380
Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–870. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V4I4.460
Ramadhanti, R. L., Al-Bahij, A., & Mufidah, L. (n.d.). Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Kreatif dan Inovatif untuk Siswa di Sekolah MI Muhammadiyah Butuh Kalikajar.
Sarwita, T. (2017). Pengaruh Latihan Service Bawah Berpasangan Terhadap Ketepatan Service Bawah Dalam Permainan Bola Voli Pada Klub Pervodac. Journal of Chemical Information and Modeling, 4(1), 31–37. https://ejournal.bbg.ac.id/penjaskesrek/article/view/777
Setia Budi, A. (2021). Pengaruh Latihan Service Bawah ke Dinding dan Berpasangan Terhadap Keterampilan Bola Voli pada Siswa Ekstrakurikuler di SMP Negeri 13 Tanjung Jabung Timur. Indonesian Journal of Sport Science and Coaching, 3(2), 45–52. https://doi.org/10.22437/ijssc.v3i2.15626
Setiawan, A. (2021). Pengaruh Model Kooperatif Think Pair Share (Tps) Terhadap Hasil Belajar Service Bawah Dalam Bola Voli Kelas Viii Smp N 1 Japah Tahun Ajaran 2019/2020. Journal of Physical Activity and Sports (JPAS), 2(3), 369–374. https://doi.org/10.53869/jpas.v2i3.117
Suseno, W., Muhtar, T., & Sudrazat, A. (2023). Pengaruh Bentuk Latihan Circuit Training Terhadap Ketepatan Shooting Pada Club Sepakbola Cirebon United Kota Cirebon. Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training), 7(3), 828–839. https://doi.org/10.37058/sport.v7i3.8457
Sugihartono, dkk. (2012). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Yang, J. (2006). PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA NOMOR 22 TAHUN 2006 TENTANG STANDAR ISI UNTUK SATUAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL. Global Shadows: Africa in the Neoliberal World Order, 44(2), 8–10.