Peningkatan Hasil Belajar Shooting Sepak Bola Melalui Pendekatan TaRL siswa SMK N 3 Semarang
Keywords:
Teaching at The Right Level, Sepak Bola, ShootingAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat ketercapaian belajar siswa kelas X teknik otomotif di SMK N 3 Semarang pada materi shooting sepak bola. Tujuan dari penelitian ini adalah peneliti ingin membantu siswa untuk meningkatkan hasil belajar shooting dalam sepak bola menggunakan pendekatan TaRL. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan selama 1 bulan. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan Jumlah sampel pada penelitian ini berjumlah 33 siswa dari 99 siswa yang terbagi dalam 3 kelas. Hasil penelitian menyatakan sebelum hanya 36,36% atau hanya 12 siswa yang dinyatakan tuntas, Siklus 1 terdapat 21 siswa tuntas atau 63,63% sedangkan untuk hasil Siklus 2 terdapat peningkatan yang cukup signifikan setelah diberi perlakuan menggunakan pendekatan TaRL sebesar 84,85% siswa atau sebanyak 28 siswa dikatakan tuntas. Hasil uji T menunjukkan nilai T-Hitung 7,014 lebih besar dari T-Tabel 2,04. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan belajar TaRL (Teaching at the Right Level) dapat membantu siswa kelas X teknik otomotif di SMK N 3 Semarang meningkatkan hasil belajar shooting sepak bola.
References
Aditya, R., Azandi, F., & Benny Aprilal, M. Pengaruh Pendekatan Bermain Terhadap Hasil Belajar Mengiring Pada Permainan Sepak Bola Effect of Play Approach Against Learning Outcomes in Soccer Games. JPJ (Jurnal Pendidikan Jasmani), 1(1), 1–7.
Aji, F. W., & Tuasikal, A. R. S. (2020). Pembelajaran Dasar Dribbling Sepakbola Dengan Pendekatan Kooperatif Team Games Tournament Pada Siswa. JPOK, Universitas Negeri Surabaya, 8(3), 17-28.
Arfenti Amir, Akhiruddin, Gusti Rani, & Hasanudin Kasim. (2024). Peran Guru Dalam Membangun Karakter Siswa Kelas X IPS 1 di SMA Nasional Makassar. EDULEC : Education, Language, and Culture Journal, 4(1), 64–78. https://doi.org/10.56314/edulec.v4i1.215
Hartono. (2022). Penerapan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) untuk meningkatkan keterampilan dasar olahraga pada siswa SMK. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 7(2), 112–120.
Munir, A., & Wahyudi, A. N. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Passing Sepak Bola Pada Siswa Sekolah Dasar Dengan Metode Sport For Develpoment. Jendela Olahraga, 7(2), 119-129.
Nugroho, A., & Aditya, R. (2018). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Bermain Sepakbola Melalui Pendekatan Taktis Pada Peserta Didik Kelas X Smk Nusantara Education. Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan, 6(1), 21-28.
Saputra, N. D., Siswanto, S., & Nugroho, S. (2024). Pengaruh Latihan Shooting untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Sepak Bola Kelas XII MA Nihayatul Amal Rawamerta. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(1), 625-629.
Pardi Gunawan, Fera Wati, A. I. (2024). Education , Language , and Culture ( EDULEC ). August, 152–164.
Putra G, J. P. A. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Teknik Dasar Sepak Bola Dengan Penerapan Model Pembelajaraan Problem Based Learning Berbasis Information And Communication Technology Pada Perserta Didik Kelas Viib Di Smp Negeri 2 Negara (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha). Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 11(2), 190–197.
Putri, H. A., & Siswanto, D. H. (2024). Teaching at the right level (TaRL) as an implementation of new education concepts in the insights of Ki Hajar Dewantara. Indones. J. Educ. Sci. Technol, 3(2), 89-100.
Ramadhan, A., & Yuliana, S. (2023). Pengaruh pendekatan Teaching at the Right Level terhadap hasil belajar teknik dasar sepak bola siswa SMK. Jurnal Pendidikan Olahraga, 8(1), 55–63.
Risanjani, A., Ambarwati, R., & Widiastutiningsih, N. (2024). Implementasi Pendekatan TaRL untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran IPAS Kelas IV. In Seminar Nasional Sosial, Sains, Pendidikan, Humaniora (Senassdra) (Vol. 3, No. 1, pp. 185-190).
Saputra, N. D., Siswanto, S., & Nugroho, S. (2024). Pengaruh Latihan Shooting untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Sepak Bola Kelas XII MA Nihayatul Amal Rawamerta. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(1), 625-629.
Sujarwo, S., Asdar, A., Sabillah, B. M., Sukmawati, S., Akhiruddin, A., & Syata, W. M. (2023). Innovation In English Language learning model based digital literacy to construct young learners’ character. Ethical Lingua: Journal of Language Teaching and Literature, 10(2).
Sukmawati, Vivit Romayanti, Andi Tenri Abeng, Muliaty Ibrahim, Hasanuddin, & Andi Rasmiyati. (2024). Student’s Perceptions of Youglish as Instructional Technology and Media for Learning English Pronunciation. IJOLEH : International Journal of Education and Humanities, 3(1), 86–95. https://doi.org/10.56314/ijoleh.v3i1.225
Syah, D. F., Suryaningsih, L., & Ridwan, M. (2024). Optimalisasi Hasil Belajar Gerak Dasar Shooting Sepak Bola Melalui Pendekatan TARL. Jurnal Keolahragaan JUARA, 4(2), 164-170.
Syahrul Hendrawan, M. (2021). Peranan Modifikasi Sepak Bola Dalam Pencapaian Hasil Belajar Dribbling. 09.
Wardana, D. N. K. (2015). Peningkatan hasil belajar passing pada permainan sepakbola melalui metode pembelajaran langsung siswa kelas V SDN Tulangan II Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan …, 2, 147–153.