Peningkatan Kemampuan Memahami Teks Biografi Melalui Media Puzzle pada Peserta didik Kelas X AKL 2
Keywords:
Biografi, puzzle, minatAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap teks biografi melalui penggunaan media puzzle pada siswa kelas X AKL 2 SMK Negeri 2 Semarang. Permasalahan yang diangkat adalah rendahnya minat baca dan pemahaman siswa terhadap teks biografi yang berdampak pada hasil belajar. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pada siklus I, pembelajaran dilakukan dengan metode ceramah menggunakan media PowerPoint. Hasilnya menunjukkan peningkatan nilai rata-rata dari pra siklus sebesar 67,6 menjadi 68,4, dengan jumlah siswa yang tuntas meningkat dari 4 menjadi 13 orang. Pada siklus II, diterapkan media puzzle tokoh-tokoh sejarah dari Semarang untuk mengaktifkan keterlibatan siswa. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan dengan rata-rata nilai mencapai 84,8 dan 31 siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Secara keseluruhan, penggunaan media puzzle terbukti efektif dalam meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap teks biografi, serta menciptakan suasana belajar yang interaktif dan menyenangkan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan partisipasi aktif, peningkatan jumlah siswa tuntas dari 4 menjadi 31 orang, dan peningkatan rata-rata nilai dari 67,6 menjadi 84,8. Media puzzle terbukti efektif menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan partisipatif, sehingga dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran yang inovatif di kelas.
References
Asmara, H. (2020). Peningkatan Pemahaman Teks Biografi melalui Media Gambar Seri pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pati. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(1), 45–54.
Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pembinaan SMA
Fauziah, L, dan Ramadhani, R. (2021). Penggunaan Media Puzzle untuk Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Indonesia pada Materi Teks Biografi. Jurnal Didaktika, 11(2), 112–120.
Handayani, A. D, dkk. (2019). Penggunaan Media Puzzle dalam Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 4(2), 113–122.
Marzuki, A., dan Kusuma, H. (2019). Penerapan Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Teks Biografi Siswa Kelas X SMA Negeri di Surakarta. Jurnal Edukasi Bahasa dan Sastra, 7(1), 55–64.
Rahmawati, dkk. (2023). Penerapan Media Puzzle untuk Meningkatkan Kemampuan Menganalisis Struktur Teks Biografi. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(1), 55–63.
Safitri, N. dan Kaswadi. (2024). Peningkatan Kemampuan Analisis Struktur Surat Lamaran Kerja dengan Media Puzzle pada Siswa Kelas XII di SMK 5. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Vokasi, 10(1), 78–87.
Syafitri, L., dan Handayani, A. (2020). Efektivitas Media Puzzle terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Siswa Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(3), 125–132.
Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.
Uno, Hamzah B. (2011). Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Wulandari, E. (2021). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Indonesia melalui Media Interaktif di Kelas X SMK. Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa Indonesia, 5(2), 89–97.