Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik dengan Metode Problem Based Learning dan Project Based Learning pada Materi Menulis Puisi Kelas XI-6 SMA N 8 Semarang
Keywords:
PBL, PJBL, Menulis Puisi, Penelitian Tindakan KelasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan peserta didik kelas XI-6 SMA N 8 Semarang melalui penerapan metode Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning. Siklus pertama menyajikan suatu permasalahan yang terjadi di lingkungan sekitar sebagai media stimulus untuk memfasilitasi pemahaman materi, sementara siklus kedua juga menyajikan suatu permasalahan yang berbeda dari sebelumnya dan terjadi di lingkungan sekitar dengan metode PBL untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis peserta didik. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari empat tahap: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra siklus didapat adanya peningkatan dalam persen skor perolehan diatas minimal atau 70% sebesar 0%, pada siklus 1 sebesar 42,86%, dan pada siklus 2 sebesar 80%. Didapat juga peningkatan pada rata-rata skor yang diperoleh seluruh peserta didik pada pra siklus sebesar 13,42, pada siklus 1 sebesar 17,08, dan pada siklus 2 sebesar 21,65. Oleh karena itu, metode PBL ini dapat diimplementasikan sebagai metode yang efektif untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran, khususnya pada materi menulis puisi. Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan metode PBL dan PJBL dapat keaktifan peserta didik kelas XI-6 SMA Negeri 8 Semarang.
References
Ardianti, R., Sujarwanto, E., & Surahman, E. (2021). Problem-based Learning: Apa dan Bagaimana. DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics, 3(1), 27-35.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Banerjee, A., Banerji, R., Duflo, E., Glennerster, R., & Khemani, S. (2013). The role of monitoring and incentives in the delivery of education in developing countries. Journal of Economic Perspectives, 27(3), 91–116.
Frye, E. M., Trathen, W., & Schlagal, B. (2010). Extending Acrostic Poetry into Content Learning: A Scaffolding Framework. The Reading Theacher, 63(7), 591-595.
Hamsa, Sukirman, & Firman. (2019). Menulis Puisi dengan Teknik Akrostik. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(2), 67-74.
Hopkins, David.A. 2010. Teacher’s Guide to Classroom Research. Philadhelpia: Open University Press. hlm. 44
Izzati, R. R. N. (2020). Gaya Bahasa Dalam Kumpulan Puisi Di Balik Jendela Koruki Karya Kusfitria Marstyasih Sebagai Alternatif Bahan Ajar Puisi Di SMA. Prole Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 631–645. http://conference.upgris.ac.id
Jayanti, D. D., Arif, Q. N., & Marlina, M. (2024). Penerapan Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Materi Daur Air Pada Pelajaran Biologi. ASPIRASI: Publikasi Hasil Pengabdian dan Kegiatan Masyarakat, 2(2), 54-61.
Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The Action Research Planner. Victoria: Deakin University Press.
Nababan, D., Marpaung, A. K., & Koresy, A. (2023). STRATEGI PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL). Pediaqu: Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 2(2), 706-719.
Rahmadani. (2019). METODE PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL). Lantanida Journal, 7(1), 75-86.
Ramadhan, A., & Nadhira, A. (2022). PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) SOLUSI ALTERNATIF PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DENGAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL DAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH SESUAI DENGAN KURIKULUM TAHUN 2013 DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUL HIKMAH MEDAN. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan, 8(1), 121-128.
Sardiman, A. M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Tarigan, H. G. (2008). Menulis : Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Yudiharyanto, Istihapsari, V., & Afriady, D. (2020). PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL INQUIRY LEARNING DI KELAS VI B SDN TEGALREJO 2 TAHUN AJARAN 2020/2021. Prosiding Pendidikan Profesi Guru, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (hal. 1263-1273). Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.