Upaya Meningkatkan Pemahaman Tentang Permainan Bola Voli Melalui Cuplikan Video Proliga Pada Siswa Kelas XI Di SMA N 2 Semarang
Abstract
Media Pembelajaran merupakan segala hal yang dapat memaparkan informasi dari sebuah sumber informasi kepada penerima informasi, dan merupakan bagian dari sumber belajar yang merupakan gabungan antara perangkat lunak (bahan belajar) dan perangkat keras. Penerapan media pembelajaran dalam upaya meningkatkan tingkat pemahaman belajar dan hasil belajar tentang permainan bola voli pada peserta didik siswa kelas XI SMA Negeri 2 Semarang merupakan tujuan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan penelitian dibawah, maka dapat disimpulkan bahwa Penerapan media pembelajaran berbasis android “Video Pembelajaran Cuplikan Proliga” dapat meningkatkan hasil belajar PJOK materi mengevaluasi gerak dasar permainan bola voli pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Semarang semester II tahun pelajaran 2024/2025. Ketuntasan hasil belajar pra siklus sebesar 42,22%, siklus I sebesar 86,11%, dan siklus II sebesar 100%. Rata-rata nilai pada pra siklus adalah 70,11, siklus I sebesar 74,11 dan siklus II sebesar 82,00. Dari pembahasan ini menunjukkan bahwa tingkat pemahaman peserta didik tentang pemahaman permainan bola voli meningkat. Selain itu pembelajaran berbasis “Video Pembelajaran Cuplikan Proliga” dapat meningkatkan pemahaman peserta didik pada mata pelajaran PJOK materi gerak dasar permainan bola voli kelas XI SMA Negeri 2 Semarang Semester II tahun pelajaran 2024/2025, telah terbukti benar dan dapat diterima.
References
Arikunto, S. (2015). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan PraktikNo Title. In Jakarta : PT Rineka Cipta.
Bangun, S. Y., Nasution, N. N., & Sihombing, R. S. D. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Teknik Dasar Bola Voli Pada Pelajar Sma Kelas X. Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga, 6(1), 170. https://doi.org/10.31602/rjpo.v6i1.11653
Dharma Utamayasa, I. G. (2019). Model-model Pembelajaran Pendidikan Jasmani.
Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group.
Miarso, Y. (2004). Fungsi, Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 95–105. https://books.google.co.id/books?id=rhVNDwAAQBAJ&lpg=PP1&hl=id&pg=PR4#v=onepage&q&f=false
Munshon, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendndikan Akuntansi Indonesia. https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949
Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa. 659–663.
Nurdyansyah. (2019). MEDIA PEMBELAJARAN INOVATIF (N. Maslihatun Nisak (ed.); p. 6). UMSIDA Press.
Sugiyono. (2021). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r&d.
Winarno, M. E. (2019). MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SEKOLAH. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI