146. Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Biografi Menggunakan Model Project Based Learning di Kelas X SMA Negeri 6 Semarang

Authors

  • Titi Wuryani
  • Sudiyati
  • Arisul Ulumuddin

Keywords:

Keterampilan Menulis, Teks Biografi,, Model PjBL

Abstract

Keterampilan menulis teks biografi di kelas XC SMA Negeri 6 Semarang belum memenuhi capaian pembelajaran. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis teks biografi melalui model PjBL. Selain itu, penelitian ini juga untuk mengetahui kendala yang dialami oleh peserta didik dalam menulis teks biografi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas teknik pengumpulan data tes, angket, dan observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah SMA Negeri 6 Semarang. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X-C. Teknik pengambilan sampel cluaster random sampling. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat peningkatan keterampilan menulis teks biografi melalui model PjBL terbukti dari hasil pengamatan (observasi) terhadap efektivitas belajar peserta didik yang dilakukan oleh dua kolaborator. Keterampilan menulis Teks Biografi meningkat setelah dilakukan pembelajaran melalui model PjBL. Hal itu ditunjukkan dengan peningkatan nilai rata-rata pada setiap siklusnya. Nilai rata- rata siklus I nilai rata- rata menulis teks biografi meningkat menjadi 65,6 atau 66%. Setelah dilakukan perlakuan pada siklus II nilai rata-rata menulis teks biografi meningkat menjadi 86 atau 86%. Peningkatan tersebut menunjukan keberhasilan model pembelajarn project base learning dalam peningkatan keterampilan menulis teks biografi. Dengan demikian penerapan model PjBL efektif dalam meningkatkan menulis teks biografi.

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Wuryani, T. ., Sudiyati, & Ulumuddin, A. . (2023). 146. Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Biografi Menggunakan Model Project Based Learning di Kelas X SMA Negeri 6 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 1343–1349. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4087

Issue

Section

Prosiding 2023