Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi dengan Model PjBL dan Metode Jelajah Alam Sekitar Pada Siswa Kelas X SMA
Keywords:
keterampilan menulis, teks laporan hasil observasi, model PjBL, metode JASAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X-6 SMA Negeri 14 Semarang. Rendahnya keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa disebabkan oleh kurang tepatnya penggunaan model dan metode pembelajaran. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi dengan model pembelajaran berbasis proyek (PjBL) dan metode jelajah alam sekitar (JAS) pada siswa kelas X-6 SMA Negeri 14 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Siklus pertama dilakukan selama dua pertemuan yang terdiri dari satu kali pertemuan pelaksanaan pembelajaran dan satu kali pertemuan untuk melakukan tes evaluasi. Pada siklus kedua juga dilakukan dua pertemuan yang terdiri dari satu kali pertemuan pelaksanaan pembelajaran dan satu kali pertemuan untuk melakukan tes evaluasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 14 Semarang dengan subjek penelitian siswa kelas X-6 yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dan metode jelajah alam sekitar dapat meningkatkan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa. Peningkatan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi dapat dilihat dari hasil tes yang diberikan, di mana pada kegiatan siklus I persentasenya adalah 36,11%, sedangkan pada siklus II persentasenya meningkat menjadi 94,44%.