191. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model PBL Berbantu Media Konkret Peserta Didik Kelas IV SDN Karanganyar Gunung 02

Authors

  • Mega Aldila Kharisma Putri
  • Fine Reffiane
  • Siti Kusniati

Keywords:

Problem Based Learning, Media Konkret, Peningkatan

Abstract

Rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran matematika peserta didik kelas IVA SDN Karanganyar Gunung 02 mendorong dilakukannya penelitian. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika. Dalam upaya  meningkatkan hasil belajar peserta didik maka diperlukan model dan media pembelajaran yang sesuai. Salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat digunakan adalah Problem Based Learning berbantu dengan media konkret. Prosedur penelitian yang digunakan mengikuti prosedur PTK yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan diawali dengan kegiatan Pra siklus. Pada tiap tahap dilakukan perbaikan Modul Ajar dan media sehingga dapat diketahui persentase keberhasilan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning berbantu media konkret. Hasil penelitian dengan digunakannya model Problem Based Learning berbantu media konkret menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didk  yang sangat signifikan. Pada tahap pra siklus, diketahui bahwa nilai rata-rata peserta didik 60 dengan prosentase 21,4%. Kemudian Pada siklus I, nilai rata-rata meningkat lagi menjadi 75,5 dengan prosentase  meningkat menjadi 75%. Pada siklus II, nilai rata-rata meningkat lagi menjadi 88,5 dan prosentase menjadi 92,8%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning berbantu media konkret dapat meningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika. 

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Putri, M. A. K. ., Reffiane, F. ., & Kusniati, S. . (2023). 191. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model PBL Berbantu Media Konkret Peserta Didik Kelas IV SDN Karanganyar Gunung 02. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 1708–1716. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4110

Issue

Section

Prosiding 2023