339. Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Kelas 5 SDN Karanganyar Gunung 02 Semarang

Authors

  • Shinta Dewi Universitas PGRI Semarang
  • Veryliana Purnamasari Universitas PGRI Semarang
  • Siti Kusniati SDN Karanganyar Gunung

Keywords:

Problem Based Learning, Audio Visual, Hasil Belajar

Abstract

Peserta didik kelas 5A yang dilaksanakan di SDN Karanganyar Gunung 02 Semarang dalam muatan IPA dengan jumlah peserta didik 26. Berdasarkan hasil observasi pembelajaran yang telah dilakukan di kelas 5A ditemukan permasalahan pada pembelajaran yaitu peserta didik dinilai masih terlalu pasif dalam pembelajaran karena guru hanya menggunakan metode ceramah dalam melakukan proses pembelajaran sehingga hasil belajar peserta didik kurang baik. Hal ini dapat di lihat dari nilai tes pada muatan IPA yang menunjukan masih banyak peserta didik yang memperoleh nilai kurang baik atau di bawah KKM yang telah di tentukan yaitu 70. Nilai rata-rata dari 26 peserta didik satu kelas adalah 59,65. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus dengan masing-masing siklus 1 pertemuan. Setiap pertemuan terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based learning (PBL) berbantuan media Audio Visual. Hasil dari siklus I dan siklus II menunjukaan peningkatan yang sangat signifikan yaitu dengan rata-rata siklus 69,04 menjadi 88,19. Dalam hal ini guru berperan sebagai fasilitator mengatur dan mengawasi jalannya proses belajar. Adapun kelebihan dari model pembelajaran Problem Based learning (PBL) peserta didik mampu lebih cepat dalam memecahkan suatu masalah dalam kelompok dan dapat mentransferkan suatu pemikiran kepada kelompok dengan baik, model ini membuatpeserta didik lebih aktif dan dapat berfikir kritis.

References

Aqib, Zainal. (2006). Penelitian TKelas Untuk Guru. Bandung: YRAMA WIDYA

Ananda, R. (2017). Peningkatan Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Model Koperatif TIPE Studen Team Achievement Division (STAD) Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 1(2), 91–100.

Agus Taufik, dkk. (2007). Pendidikan Anak Di SDI Jakarta: Universitas Terbuka.

Anggraini, F. (2017). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Discovery Learning Siswa Kelas IV SDN Gedanganak 02 [Thesis].

Fadhilaturrahmi, F. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Jaring-jaring Balok dan Kubus dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Siswa Kelas IV SDN 005 Air Tawar Barat. Jurnal Basicedu, 1(1), 1–9.

Fitrianingtyas, O. A., & Radia, E. H. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Model Discovery Learning Siswa Kelas Iv Sdn Gedanganak 02. In 708 | E-Jurnalmitrapendidikan (Vol. 1, Issue 6).

Hopkins, David. (2011). Panduan Guru Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Herlina, M., Syahfitri, J., & Ilista, I. (2020). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Kognitif Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual.Edubiotik :Jurnal Pendidikan, Biologi Dan Terapan, 5(01).

Mesyta Putri Ayu, Taufina Taufik. 2020. “Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Dalam Pembelajaran Tematik.” 8(8): 421–32. Pembelajaran Tema 6 Subtema 2 Untuk Siswa Kelas SD Negeri 17 Pasar Masurai 1.” Jurnal Dharma PGSD 1(1): 38–45.

Novitasari, R., Anggraito, Y. U., Ngabekti, S., & Biologi, J. (2015). Unnes Journal Of Biology Education Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio- Visual Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Info Artikel. Unnes Journal Of Biology Education, 4(3), 50229.

Hopkins, David. (2011). Panduan Guru Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Pendidikan Berkarakter, J., Oktari, S., Dewi Koeswati, H., Giarti, S., Guru, P., Dasar, S., Salatiga, U., & Artikel, R. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Dengan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audiovisual Kelas Iv Sd Info Artikel Abstrak. 1(1), 316–323.

Salam, R., & Guru Sekolah Dasar, P. (N.D.). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Metode Discovery Learning Siswa Kelas Iv Upt Sdn 2 Passeno. In Pinisi Journal Pgsd.

Sujana, D. M. A., Ngurah Japa, G., & Yasa,

L. P. Y. (2021). Meningkatnya Hasil Belajar IPA Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual.

Suyanto. (2008). Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jakarta: Grafindo

Downloads

Published

2023-06-17

How to Cite

Dewi, S., Purnamasari, . V. ., & Kusniati, S. . (2023). 339. Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Kelas 5 SDN Karanganyar Gunung 02 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 1780–1786. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5173

Issue

Section

Prosiding 2023