Improving Students’ Writing Skills in Narrative Text by Using Instagram for Eleventh-Grade Students
Keywords:
Keterampilan menulis, Narrative text, InstagramAbstract
Keterampilan menulis siswa adalah keterampilan yang paling utama dalam proses pembelajaran. Dengan begitu, guru semestinya mempunyai metode atau strategi untuk dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa, terutama untuk menulis sebuah narrative text dengan baik. Sedangkan, guru seharusnya dapat menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi agar dapat menyesuaikan dengan kondisi siswa saat ini, seperti aplikasi media sosial yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran bagi siswa, contohnya penggunaan aplikasi Instagram. Instagram sangat popular dikalangan siswa sehingga bukan hal yang sulit bagi mereka untuk menggunakannya. Jadi, tujuan dari penelitian ini adalah peneliti ingin mengetahui penggunaan Instagram dalam proses pembelajaran di kelas dan peningkatan keterampilan menulis siswa dalam membuat sebuah narrative text menggunakan Instagram. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam 2 (dua) siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di siklus pertama 83,33% siswa memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dengan nilai rata-rata 82,83. Pada siklus kedua 100% siswa memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dengan nilai rata-rata 88,17. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa menggunakan Instagram dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas XI-11 SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang.
References
Alqo, D. S. (2022). Improving writing skills through captions on Instagram for twelfth graders in SMA Negeri 1 Bungaraya. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 63–72. https://doi.org/10.22219/jppg.v3i2.24041
Brown, H. Douglas. 2000. Teaching by Principles: An Interactive Approach toLanguage Pedagogy (2nd Ed.). New York: Longman
Candra Adi Pratama, A., & Hartono. (2020). Improving Student’s Writing Skill of Descriptive Text by Using Instagram Posts as Visual Media. Journal of Advanced Multidisciplinary Research, 1(2), 98–105. https://doi.org/10.30659/JAMR.1.2.98-108
Fhonna, R. (2014). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS NARATIF BAHASA INGGRIS DENGAN MENGGUNAKAN VIDEO KLIP: FOKUS PADA PENGATURAN IDE (SEBUAH PENELITIAN PADA STKIP BINA BANGSA GETSEMPENA).
Gunantar, D. A., & Transinata, T. (2019). Writing Caption on Instagram as Media for Student’s Motivation and Writing Skill Improvement Writing Caption on Instagram as Media for Student’s Motivation and Writing Skill Improvement. ETERNAL (English Teaching Journal). http://journal.upgris.ac.id/index.php/eternal/index
Khulel, B. (2022). Improving Students’ Writing Skill through Project-Based Learning, Process Writing, and Instagram. IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application), 5(1), 25. https://doi.org/10.31764/ijeca.v5i1.7601
Nurdiana, Y. (2022). IMPROVING STUDENTS’ WRITING SKILL ON RECOUNT TEXT BY USING INSTAGRAM POST AS VISUAL MEDIA.
Rachmawaty Linuwih, E., & Kurniawan Winardi, Y. (2020). IMPROVING STUDENTS’ WRITING SKILL USING A MOBILE LEARNING APPLICATION.
Rebecca, J. L. 2003. A Critical Handbook of Children’s Literature. Massachuset: Pearson Education, Inc.
Selviana, B. (2022). IMPROVING STUDENTS’ SKILL IN WRITING RECOUNT TEXT USING BRAINSTORMING STRATEGY (A Classroom Action Research of the Eighth Grade at SMP N 1 Sidoharjo.
Wijayanti, L. (2023). ABSTRACT THE USE OF INSTAGRAM AS A LEARNING MEDIUM TO IMPROVE STUDENTS’ WRITING A RECOUNT TEXT AT THE FIRST YEAR STUDENTS OF SMKN 1 PAKUAN RATU.