131. Improving Students’ Competence in Writing Explanation Text Using the Cooperative Learning - Jigsaw with Genre-Based

Authors

  • Widia Listianingsih Universitas PGRI Semarang
  • Entika Fani Prastikawati Universitas PGRI Semarang
  • Nesti Noor Hayati SMA Negeri 2 Semarang

Keywords:

kooperatif, kemampuan menulis, Jigsaw, teks eksplanasi

Abstract

Menulis adalah praktik menjangkau pikiran seseorang dan mengeksplorasinya secara kreatif yang membutuhkan informasi akurat. Kita membutuhkan orang lain untuk mempraktekkan diskusi dan kerja kelompok, agar keberhasilan belajar dapat tercapai. Tidak semata-mata ditentukan oleh kemampuan individu, tetapi perolehan belajar akan lebih baik lagi jika dilakukan secara bersama-sama. Faktanya, peserta didik menghadapi berbagai macam tantangan dalam menulis, termasuk kurangnya kosa kata, tidak memiliki ide, kesulitan tata bahasa, dan kurangnya kerja sama dengan teman. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks eksplanasi menggunakan pembelajaran kooperatif Jigsaw dan untuk mengetahui respon siswa setelah menerapkan Jigsaw terhadap minat dan motivasi belajarnya. Penelitian tindakan kelas digunakan dalam desain penelitian ini. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 10 SMA Negeri 2 Semarang. IBM SPSS 25 digunakan untuk melakukan analisis, dan juga digunakan untuk mengolah data dengan pedoman Nilai KKM dan uji t sampel berpasangan. Hasil penelitian ini telah mencapai kriteria keberhasilan yang dibuktikan dengan adanya peningkatan persentase rata-rata hasil belajar siswa yaitu (mean = 57,39) 22% untuk pre-test, (mean = 69,11) 36% untuk postes 1, dan (mean = 82,83) 89% untuk postes 2 siswa lulus KKM pada siklus II. Selain itu, sebagian besar siswa memberikan respon positif terhadap penerapan Jigsaw. Keterampilan menulis siswa meningkat secara signifikan ketika mereka diajarkan menulis teks eksplanasi menggunakan pembelajaran kooperatif Jigsaw berbasis Genre. Hasil penelitian ini memiliki implikasi penting bagi para peneliti, khususnya mereka yang minatnya terletak pada bidang pendidikan dan bahasa, serta bagi guru bahasa Inggris sebagai data fundamental untuk peningkatan metode pembelajaran interaktif dan kooperatif.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Listianingsih, W., Prastikawati, E. F., & Hayati, N. N. (2023). 131. Improving Students’ Competence in Writing Explanation Text Using the Cooperative Learning - Jigsaw with Genre-Based. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 1203–1215. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4068

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)