129. The Application of Genre-Based Approach Assisted by Picture Series to Improve Explanation Text Writing Skills
Keywords:
Menulis, Explanation Text, Genre Based Approach, Picture SeriesAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses belajar siswa dan meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Semarang melalui penerapan genre-based approach berbantuan picture series. Berdasarkan observasi awal, ada beberapa masalah dalam proses belajar mengajar keterampilan menulis siswa yang berkaitan dengan partisipasi siswa, serta kemampuan dalam menghasilkan dan mengembangkan ide. Penelitian tindakan ini terdiri dari dua siklus. Setiap masing-masing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1, guru Bahasa Inggris dan peneliti. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, catatan lapangan dan tes. Data hasil observasi, catatan lapangan, dan nilai awal serta nilai akhir dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan analisis data kualitatif diperoleh hasil bahwa, siswa dapat menjadi lebih fokus dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Siswa merasa nyaman dalam kegiatan pembelajaran, tidak ada siswa yang tampak tertekan karena pembelajaran berlangsung asik dan siswa tampak senang dalam mengikuti pelajaran. Mereka juga antusias mengikuti kegiatan belajar mengajar. Selain itu, keterlibatan mereka dalam proses belajar mengajar menulis meningkat karena picture series dapat menarik perhatian siswa. Berdasarkan analisis data kuantitatif diperoleh hasil bahwa, nilai rata-rata keterampilan menulis siswa meningkat. Pada tes awal, nilai rata-rata siswa adalah 60,6. Setelah siklus I rata-rata nilai siswa adalah 72,05. Kemudian, setelah Siklus II nilai rata-rata siswa adalah 84,3.