Project-Based Learning to Enhance Student Speaking Skills Through Vlog: Classroom Action Research
Keywords:
English Speaking Skills, Project-Based Learning, Vlogs, Learning OutcomesAbstract
Pembelajaran berbicara dalam Bahasa Inggris seringkali menggunakan pendekatan konvensional yang
kurang interaktif, menyebabkan rendahnya hasil penilaian kemampuan berbicara siswa. Oleh karena
itu, penelitian ini membahas pemanfaatan Vlog sebagai media pembelajaran berbasis proyek dalam
meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa Inggris, khususnya pada materi "Asking for and Giving
Opinion" di kelas XI Boga 3 SMK N 6 Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas
model pembelajaran berbasis proyek melalui Vlog dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus. Hasil dari penelitian
ini menunjukkan bahwa perbaikan yang diterapkan dalam pelaksanaan siklus 2 berhasil meningkatkan
keterampilan berbicara siswa. Dalam siklus pertama, sebagian besar siswa masih belum mencapai
Kriteria Ketuntasan Minimal, yakni 68.5 %. Namun, pada siklus kedua, seluruh siswa mencapai
kompetensi yang diharapkan yaitu ketuntasan 100%. Hasil observasi aktivitas peserta didik juga
menunjukkan peningkatan signifikan dalam siklus kedua. Mereka lebih aktif dalam merencanakan
proyek, memaparkan progress proyek, dan memberikan serta menerima feedback. Penelitian ini
memberikan bukti bahwa pembelajaran berbasis proyek dengan menggunakan Vlog dapat efektif
meningkatkan kemampuan berbicara siswa dalam Bahasa Inggris.
References
Adnan, N., Tun, U., Onn, H., Paimin, A. N.,
Tun, U., Onn, H., Comfort, V.,
Among, S., & Learners, A. (2020).
Best Practices in Education
Management: Teaching, Learning
and. March.
Brown, H.D. Teaching by Principle: An
Interactive Approach to Language
Pedagogy. New York: Longman,
Fidriani. A.J, Prastikawati.E.F, Adi.
(2021). Video Vlog as Teaching
Media in Improving The Students’
Speaking Ability in Procedure Text.
Journal of English Education and
Linguisticts. Vol. 2 .No. 2 December
Kovácsné Pusztai, K. (2021). Evaluation of
Project-Based Learning. Acta
Didactica Napocensia, 14(1), 64–75.
https://doi.org/10.24193/adn.14.1.5
Latief, Adnan (2010). Tanya Jawab Metode
Penelitian Pembelajaran Bahasa.
Malang: UM Press, p. 81
Misir, Hulya. (2023). Vlog As a Multimodal
Trans language Space: Insights from
A Turkish Social Media Influencer
Corpus. Middle East Technical
University.
Mukrimaa, S. S., Nurdyansyah, Fahyuni, E.
F., YULIA CITRA, A., Schulz, N. D.,
غسان, د., Taniredja, T., Faridli, E. M.,
& Harmianto, S. (2016). In Jurnal
Penelitian Pendidikan Guru Sekolah
Dasar (Vol. 6, Issue August).
Nawwaroh, Q., Istikomah, I., & Rashed, Z.
N. (2022). the Use of Youtube Media
in Islamic Religious Education
Learning. Tadrib, 8(2), 265–282.
https://doi.org/10.19109/tadrib.v8i
13967
Nupus, M. H., & Parmiti, D. P. (2017).
Peningkatan Keterampilan
Berbicara Melalui Penerapan
Metode Show and Tell Siswa Sd
Negeri 3 Banjar Jawa. Jurnal Ilmiah
Sekolah Dasar, 1(4), 296.
https://doi.org/10.23887/jisd.v1i4.1
Nur’Aini, I. (2019). Pengembangan Media
Pembelajaran Untuk Meningkatkan
Hasil Belajar Siswa Pada Mata
Pelajaran SKI di MAN 1 Malang.
Universitas Islam Negeri Maulana
Malik Ibrahim., 177.
Prawiyata, Y. D., & Barus, U. (2020).
Analisis kemampuan berbicara
mahasiswa program studi
pendidikan bahasa Inggris UMN Al
Washliyah melalui vlog pada mata
kuliah instructional planning and
media. Seminar Hasil Penelitian
Kerjasama Universitas Muslim
Nusantara Al Washliyah Dengan
Universiti Sultan Zainal Abidin.
Putrawansyah, A., Anugrahwati, N., &
Rum, E. P. (2020). Effectiveness of
Using Youtube Video in Improving
Students’ Speaking Skill Through
Asking and Answer Questions.
Jurnal Keguruan Dan Ilmu
Pendidikan (JKIP), 7(1), 93–103.
Richards, Jack C. (1990). Conversationally
speaking: Approaches to the
teaching of conversation. In Jack C.
Richards, The Language Teaching
Matrix. New York: Cambridge
University Press, pp. 67–85.
Saidalvi, A., Mohamad, A., & Wan
Fakhruddin, W. F. W. (2021). Using
English Vlog within YouTube as A
Tool to Enhance Speaking Skills.
International Journal of Academic
Research in Business and Social
Sciences, 11(8).
https://doi.org/10.6007/ijarbss/v11
-i8/10665
Sari, D. W. (2022). Penerapan Media
Pembelajaran Vlog untuk
Meningkatkan Kemampuan
Berbicara Bahasa Inggris Calon
Kadet Polimarin. Joined Journal
(Journal of Informatics Education),
(1), 45.
https://doi.org/10.31331/joined.v5i
2180
Sirisrimangkorn, L. (2021). Improving
EFL Undergraduate Learners’
Speaking Skills Through Project
-
Based Learning Using Presentation.
Advances in Language and Literary
Studies, 12(3), 65.
https://doi.org/10.7575/aiac.alls.v.1
n.3.p.65
Susanti, Elvi. (2019). Ketrampilan
Berbicara. Depok: Rajawali Pres. p.1
Susilo, Husnul, dan Yuyun. (2020).
Penelitian Tindakan Kelas Sebagai
Saran Pengembangan
Keprofesionalan Guru dan Calon
Guru. Malang: Bayumedia
Publishing, pp. 1.
Tarigan, H.G. (1990). Berbicara Sebagai
Suatu Keterampilan Berbahasa.
Bandung: Angkas
a
Weganofa, R., & Khoiro, I. (2021). The
Effectiveness of Video Blog (VLOG)
on Students’ Speaking Skill.
Proceedings of the 2nd Annual
Conference on Social Science and
Humanities (ANCOSH 2020),
(Ancosh 2020), 211
–214.
https://doi.org/10.2991/assehr.k.21
049
Wulandari, M. (2019). Improving Efl
Learners
� Speaking Proficiency
Through Instagram Vlog. LLT
Journal: A Journal on Language and
Language Teaching, 22(1), 111
–125.
https://doi.org/10.24071/llt.v22i1.1
Wulandari, Retno. (2019). An
Undergraduate Thesis Improving
Speaking Skill Through Picture
Describing Technique among The
Tenth Grade Students of Senior High
School 1 Trimurjo Centra. State
Institute for Islamic Studies.