Project-Based Learning to Enhance Student Speaking Skills Through Vlog: Classroom Action Research

Authors

  • Siti Maftukah Universitas PGRI Semarang

Keywords:

English Speaking Skills, Project-Based Learning, Vlogs, Learning Outcomes

Abstract

Pembelajaran berbicara dalam Bahasa Inggris seringkali menggunakan pendekatan konvensional yang
kurang interaktif, menyebabkan rendahnya hasil penilaian kemampuan berbicara siswa. Oleh karena
itu, penelitian ini membahas pemanfaatan Vlog sebagai media pembelajaran berbasis proyek dalam
meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa Inggris, khususnya pada materi "Asking for and Giving
Opinion" di kelas XI Boga 3 SMK N 6 Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas
model pembelajaran berbasis proyek melalui Vlog dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus. Hasil dari penelitian
ini menunjukkan bahwa perbaikan yang diterapkan dalam pelaksanaan siklus 2 berhasil meningkatkan
keterampilan berbicara siswa. Dalam siklus pertama, sebagian besar siswa masih belum mencapai
Kriteria Ketuntasan Minimal, yakni 68.5 %. Namun, pada siklus kedua, seluruh siswa mencapai
kompetensi yang diharapkan yaitu ketuntasan 100%. Hasil observasi aktivitas peserta didik juga
menunjukkan peningkatan signifikan dalam siklus kedua. Mereka lebih aktif dalam merencanakan
proyek, memaparkan progress proyek, dan memberikan serta menerima feedback. Penelitian ini
memberikan bukti bahwa pembelajaran berbasis proyek dengan menggunakan Vlog dapat efektif
meningkatkan kemampuan berbicara siswa dalam Bahasa Inggris.

References

Adnan, N., Tun, U., Onn, H., Paimin, A. N.,

Tun, U., Onn, H., Comfort, V.,

Among, S., & Learners, A. (2020).

Best Practices in Education

Management: Teaching, Learning

and. March.

Brown, H.D. Teaching by Principle: An

Interactive Approach to Language

Pedagogy. New York: Longman,

Fidriani. A.J, Prastikawati.E.F, Adi.

(2021). Video Vlog as Teaching

Media in Improving The Students’

Speaking Ability in Procedure Text.

Journal of English Education and

Linguisticts. Vol. 2 .No. 2 December

Kovácsné Pusztai, K. (2021). Evaluation of

Project-Based Learning. Acta

Didactica Napocensia, 14(1), 64–75.

https://doi.org/10.24193/adn.14.1.5

Latief, Adnan (2010). Tanya Jawab Metode

Penelitian Pembelajaran Bahasa.

Malang: UM Press, p. 81

Misir, Hulya. (2023). Vlog As a Multimodal

Trans language Space: Insights from

A Turkish Social Media Influencer

Corpus. Middle East Technical

University.

Mukrimaa, S. S., Nurdyansyah, Fahyuni, E.

F., YULIA CITRA, A., Schulz, N. D.,

غسان, د., Taniredja, T., Faridli, E. M.,

& Harmianto, S. (2016). In Jurnal

Penelitian Pendidikan Guru Sekolah

Dasar (Vol. 6, Issue August).

Nawwaroh, Q., Istikomah, I., & Rashed, Z.

N. (2022). the Use of Youtube Media

in Islamic Religious Education

Learning. Tadrib, 8(2), 265–282.

https://doi.org/10.19109/tadrib.v8i

13967

Nupus, M. H., & Parmiti, D. P. (2017).

Peningkatan Keterampilan

Berbicara Melalui Penerapan

Metode Show and Tell Siswa Sd

Negeri 3 Banjar Jawa. Jurnal Ilmiah

Sekolah Dasar, 1(4), 296.

https://doi.org/10.23887/jisd.v1i4.1

Nur’Aini, I. (2019). Pengembangan Media

Pembelajaran Untuk Meningkatkan

Hasil Belajar Siswa Pada Mata

Pelajaran SKI di MAN 1 Malang.

Universitas Islam Negeri Maulana

Malik Ibrahim., 177.

Prawiyata, Y. D., & Barus, U. (2020).

Analisis kemampuan berbicara

mahasiswa program studi

pendidikan bahasa Inggris UMN Al

Washliyah melalui vlog pada mata

kuliah instructional planning and

media. Seminar Hasil Penelitian

Kerjasama Universitas Muslim

Nusantara Al Washliyah Dengan

Universiti Sultan Zainal Abidin.

Putrawansyah, A., Anugrahwati, N., &

Rum, E. P. (2020). Effectiveness of

Using Youtube Video in Improving

Students’ Speaking Skill Through

Asking and Answer Questions.

Jurnal Keguruan Dan Ilmu

Pendidikan (JKIP), 7(1), 93–103.

Richards, Jack C. (1990). Conversationally

speaking: Approaches to the

teaching of conversation. In Jack C.

Richards, The Language Teaching

Matrix. New York: Cambridge

University Press, pp. 67–85.

Saidalvi, A., Mohamad, A., & Wan

Fakhruddin, W. F. W. (2021). Using

English Vlog within YouTube as A

Tool to Enhance Speaking Skills.

International Journal of Academic

Research in Business and Social

Sciences, 11(8).

https://doi.org/10.6007/ijarbss/v11

-i8/10665

Sari, D. W. (2022). Penerapan Media

Pembelajaran Vlog untuk

Meningkatkan Kemampuan

Berbicara Bahasa Inggris Calon

Kadet Polimarin. Joined Journal

(Journal of Informatics Education),

(1), 45.

https://doi.org/10.31331/joined.v5i

2180

Sirisrimangkorn, L. (2021). Improving

EFL Undergraduate Learners’

Speaking Skills Through Project

-

Based Learning Using Presentation.

Advances in Language and Literary

Studies, 12(3), 65.

https://doi.org/10.7575/aiac.alls.v.1

n.3.p.65

Susanti, Elvi. (2019). Ketrampilan

Berbicara. Depok: Rajawali Pres. p.1

Susilo, Husnul, dan Yuyun. (2020).

Penelitian Tindakan Kelas Sebagai

Saran Pengembangan

Keprofesionalan Guru dan Calon

Guru. Malang: Bayumedia

Publishing, pp. 1.

Tarigan, H.G. (1990). Berbicara Sebagai

Suatu Keterampilan Berbahasa.

Bandung: Angkas

a

Weganofa, R., & Khoiro, I. (2021). The

Effectiveness of Video Blog (VLOG)

on Students’ Speaking Skill.

Proceedings of the 2nd Annual

Conference on Social Science and

Humanities (ANCOSH 2020),

(Ancosh 2020), 211

–214.

https://doi.org/10.2991/assehr.k.21

049

Wulandari, M. (2019). Improving Efl

Learners

� Speaking Proficiency

Through Instagram Vlog. LLT

Journal: A Journal on Language and

Language Teaching, 22(1), 111

–125.

https://doi.org/10.24071/llt.v22i1.1

Wulandari, Retno. (2019). An

Undergraduate Thesis Improving

Speaking Skill Through Picture

Describing Technique among The

Tenth Grade Students of Senior High

School 1 Trimurjo Centra. State

Institute for Islamic Studies.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Maftukah, S. (2023). Project-Based Learning to Enhance Student Speaking Skills Through Vlog: Classroom Action Research. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 775–784. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5183

Issue

Section

Prosiding 2023