Improving Students Speaking Skills on News Item Materials in English Learning Through Project Videos Upload on Youtube

Authors

  • Mega Septiana Putri Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Keterampilan berbicara, News Item, Youtube

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara bagi peserta didik kelas XI DKV 1 yang berada di SMKN 4 Semarang pada materi News Item yang dilaksanakan dengan sistem proyek unggah video melalui Youtube. Pelaksanaan dari penelitian ini terbagi atas dua siklus, selama proses pembelajaran yang berlangsung. Dengan menggunakan sistem unggah video melalui Youtube pada materi News Item, keterampilan berbicara peserta didik mengalami peningkatan. Peserta didik merasa senang dan termotivasi untuk menyelesaikan proyek tersebut karena tema yang diberikan juga bebas, selain itu mereka juga dapat meningkatkan kreatifitasnya. Peneliti mencatat setiap proses yang dilaksanakan selama penelitian dilaksanakan. Hasil yang diperoleh dari penelitian tersebut terbagi menjadi tiga yakni nilai pretest, nilai siklus pertama dan kedua. Pada nilai pretest diperoleh rata-rata sebesar 6.09 kemudian nilai siklus pertama 6.55 dan nilai siklus kedua 7.87.

References

Agustina, Eka Yuli (2013) Deictic Expression in Twilight-Breaking Dawn part-1 by Stephany Meyer. Unpublished Thesis. Tulungagung: Islamic State Tulungagung.

Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif,Dan Kontekstual: Konsep, Landasan, Dan Implementasinya Pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif). Jakarta: Kencana, 2014

Aqib, Zainal. 2016. Model-model, Media, dan strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran, edisi 1. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Burns, Anne. (1999). Collaborative Action Research for English Language Teachers. London: Cambridge University Press.

Brown, H. Douglas. 2004. Teaching by Principles an Interactive Approach to Language Pedagogy. Longman.

Clark, Herbert. Bly, Bridget in J.L Miller & P.D. Eimas (Eds) (1995) Pragmatics and Discourse, Handbook of Perception and Cognition Vol 11: Speech, Language and communication. New York, Academic Press

Hotmaria, Hotmaria. 2021. “Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Pada Materi Pengandaian Diikuti Perintah/Saran Menggunakan Strategi Pembelajaran Three Step Interview.” Journal of Education Action Research 5 (1): 1–9. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.31558.

Kreidler,W.C(1998) Introduction English Semantics. New York: Routledge

Suhaimi, Imam. 2021. “Analisis Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Siswa SMP

Al-Ikhlas Kediri.” Jurnal Koulutus 4 (1): 1–7.

Syach, Alfyan, dkk. (2020) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA DENGAN METODE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA: Jurnal Tahsinia (Jurnal Karya Umum dan Ilmiah), STIT Rakeyansantang.

Sugiyono (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA

Sutarti, Titin, dkk. (2021) DAMPAK MEDIA YOUTUBE DALAM PROSES PEMBELAJARAN DAN PENGEMBANGAN KREATIVITAS BAGI KAUM MILENIAL: Jurnal Widya Aksara Vol. 26 No. 1 Maret 2021. Sekolah Tinggi Hindu Dharma Klaten Jawa Tengah.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Putri, M. S. . (2023). Improving Students Speaking Skills on News Item Materials in English Learning Through Project Videos Upload on Youtube . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 715–719. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5170

Issue

Section

Prosiding 2023