Implementasi Model Problem Based Learning Berbantuan Panjulziz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Penjumlahan Peserta Didik Kelas IV

Authors

  • Rizky M. Anas Universits PGRI Semarang

Keywords:

PBL, Quizizz, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui model Problem Based Learning (PBL) berbantuan alat peraga Panjulziz. Penelitian ini menggunakan metode penelitian berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis and M.C taggart, yang memiliki empat tahapan yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Penelitian ini dilakukan di kelas IV B SDN Tambakrejo 01. Dengan subjek penelitian sebanyak 23 peserta didik yang terdiri dari 11 peserta didik perempuan dan 12 peserta didik laki-laki. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan soal tes dengan bentuk pilihan ganda yang dilakukan di kelas. Hasil penelitian ini bahwa model PBL berbantu Quizizz, terjadi peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar matematika peserta didik kelas IV B di SDN Tambakrejo. Sebelumnya, tingkat pencapaian belajar rendah, hanya 39% peserta didik yang mencapai ketercapaian belajar sebelum penerapan (pra siklus). Pada siklus I, terlihat peningkatan hasil belajar dengan implementasi PBL berbantuan Panjulziz, meskipun masih belum mencapai tingkat yang memadai, dengan 70% peserta didik mencapai ketuntasan belajar. Namun, pada siklus II, terjadi peningkatan drastis dalam hasil belajar, dengan 83% peserta didik mencapai ketercapaian belajar. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan PBL dengan berbantuan alat peraga Panjulziz sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar penjumlahan bilangan cacah di kelas IV B SDN Tambakrejo, yang awalnya rendah menjadi tinggi pada akhir siklus II. Model pembelajaran ini mendorong keterlibatan siswa, interaksi, dan pemecahan masalah, yang pada akhirnya meningkatkan pemahaman dan prestasi mereka dalam matematika.

References

Aziizu, B. Y. A. (2015). Tujuan besar pendidikan adalah tindakan. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).

Fridiyanto, F., Purwaningrum, S., Abdullah, A. R., Rosi, F., Haryanto, T., Farih, A., ... & Setyawan, C. E. (2022). Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka.

Anggraeni, S. T., Muryaningsih, S., & Ernawati, A. (2020). Analisis faktor penyebab kesulitan belajar matematika di sekolah dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(1), 25-37.

Cholisoh, N. (2019). PEGEMBANGAN MEDIA PAPAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MI ULUL ALBAB PLESUNGAN KAPAS BOJONEGORO (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro).

Asria, L., Sari, D. R., Ngaini, S. A., Muyasaroh, U., & Rahmawati, F. (2021). Analisis Antusiasme Siswa Dalam Evaluasi Belajar Menggunakan Platform Quizizz. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 3(1), 1-17.

MAYA, Z. (2023). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA SI BULA (STIK BILANGAN BULAT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SDN 18 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2021/2022 (Doctoral dissertation, Universitas Mataram).

Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.

Eismawati, E., Koeswanti, H. D., & Radia, E. H. (2019). Peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran problem based learning (PBL) siswa kelas 4 SD. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 71-78.

Asriningtyas, A. N., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika siswa kelas 4 SD. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 5(1), 23-32

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Rizky M. Anas. (2023). Implementasi Model Problem Based Learning Berbantuan Panjulziz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Penjumlahan Peserta Didik Kelas IV. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2970–2977. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5458

Issue

Section

Prosiding 2023