PENERAPAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK KELAS X-9 SMA NEGERI 14 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024
Keywords:
Bimbingan kelompok, Sosiodrama, Kepercayaan DiriAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK). Penelitian tindakan pada hakikatnya merupakan rangkaian “riset tindakan” yang dilakukan dalam rangkaian guna memecahkan masalah. Penelitian ini mengkaji masalah kepercayaan diri peserta didik yang masih rendah. Selanjutnya diberikan tindakan berupa penerapan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama. Penelitian ini dilakukan di SMAN 14 Semarang. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI-9 yang berjumlah 8 siswa mengalami masalah terkait kepercayaan diri. Hasil dari penelitian yang dilakukan yaitu peningkatan kepercayaan diri siswa melalui teknik sosiodrama sebesar 94,7% dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwaenerapan teknik sosiodrama dalam layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas X-9 SMA Negeri 14 Semarang.
References
Fatimah, E. (2010). Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia.
Fatahillah, Mr., Ayatina Hayati, S., & Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, U. (2024). Keefektifan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa-Siswi Kelas X Smk Bina Banua Banjarmasin. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 1(2), 17–22.
Folastri, Sisca. 2016. Prosedur layanan Bimbingan & Konseling Kelompok. Bandung: Mujahid Press.
Ghufron, M. N. & Risnawati, R. (2012). Teori-teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Halik, A., & Rakasiwi, N. (2020). Efektivitas Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. Consilium : Berkala Kajian Konseling Dan Ilmu Keagamaan, 7(1), 32.
Hulukati, W., 2016. Pengembangan Diri Siswa SMA (Edisi-1). Ideas Publising.
Kartini, Sri. (2019). Krisis Percaya Diri. Semarang: Mutiara Aksara.
Maisunah, M. (2021). Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa. Edu Consilium: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pendidikan Islam, 2(1), 103–115.
Prayitno. 2004. Layanan L1-L9, Padang: UNP.
Prayitno. (2012). Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling. Padang: Program PPK Jurusan BK UNP.
Priansa, Donni, J. (2017). Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran. Bandung: CV Pustaka Setia
Pronoto, H. (2016). Upaya Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok di SMA Negeri 1 Sungkai Utara Lampung Utara : Jurnal Lentera Pendidikan LPPM UM METRO, 1(1), 100-111.
Roestiyah. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Taniredja, Tukiran dkk. 2013. Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta.