PENERAPAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK KELAS X-9 SMA NEGERI 14 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Authors

  • Siti Khoirunnisa sukemi mahasiswa PPG

Keywords:

Bimbingan kelompok, Sosiodrama, Kepercayaan Diri

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK). Penelitian tindakan pada hakikatnya merupakan rangkaian “riset tindakan” yang dilakukan dalam rangkaian guna memecahkan masalah. Penelitian ini mengkaji masalah kepercayaan diri peserta didik yang masih rendah. Selanjutnya diberikan tindakan berupa penerapan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama. Penelitian ini dilakukan di SMAN 14 Semarang. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI-9 yang berjumlah 8 siswa mengalami masalah terkait kepercayaan diri. Hasil dari penelitian yang dilakukan yaitu peningkatan kepercayaan diri siswa melalui teknik sosiodrama sebesar 94,7% dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwaenerapan teknik sosiodrama dalam layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas X-9 SMA Negeri 14 Semarang.

References

Fatimah, E. (2010). Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia.

Fatahillah, Mr., Ayatina Hayati, S., & Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, U. (2024). Keefektifan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa-Siswi Kelas X Smk Bina Banua Banjarmasin. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 1(2), 17–22.

Folastri, Sisca. 2016. Prosedur layanan Bimbingan & Konseling Kelompok. Bandung: Mujahid Press.

Ghufron, M. N. & Risnawati, R. (2012). Teori-teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Halik, A., & Rakasiwi, N. (2020). Efektivitas Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. Consilium : Berkala Kajian Konseling Dan Ilmu Keagamaan, 7(1), 32.

Hulukati, W., 2016. Pengembangan Diri Siswa SMA (Edisi-1). Ideas Publising.

Kartini, Sri. (2019). Krisis Percaya Diri. Semarang: Mutiara Aksara.

Maisunah, M. (2021). Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa. Edu Consilium: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pendidikan Islam, 2(1), 103–115.

Prayitno. 2004. Layanan L1-L9, Padang: UNP.

Prayitno. (2012). Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling. Padang: Program PPK Jurusan BK UNP.

Priansa, Donni, J. (2017). Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran. Bandung: CV Pustaka Setia

Pronoto, H. (2016). Upaya Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok di SMA Negeri 1 Sungkai Utara Lampung Utara : Jurnal Lentera Pendidikan LPPM UM METRO, 1(1), 100-111.

Roestiyah. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Taniredja, Tukiran dkk. 2013. Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2024-12-25

How to Cite

sukemi, S. K. (2024). PENERAPAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK KELAS X-9 SMA NEGERI 14 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 142–150. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5794

Issue

Section

Bimbingan dan Konseling