BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN ETIKA PERGAULAN PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA ISLAM SULTAN AGUNG 1 SEMARANG

Authors

  • Tsalasatun Inayah Ma’rufi Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Bimbingan Kelompok, Teknik Sosiodrama, Etika Pergaulan

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan pentingnya etika pergaulan di kehidupan kita sebagai makhluk sosial dan juga berdasarkan kebutuhan peserta didik yang dilihat dari hasil analisis AKPD dan juga observasi yang menunjukkan peserta didik kurang mengerti mengenai etika pergaulan yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk meningkatkan etika pergaulan peserta didik kelas X SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan bimbingan dan konseling. Penelitian ini dirancang dalam dua siklus, siklus pertama bertujuan untuk mengukur sejauh mana peserta didik mampu meningkatkan kepercayaan diri peserta didik, sedangkan pada siklus II, masalah yang belum terselesaikan pada Siklus I akan diatasi, dengan mengacu pada hasil evaluasi dari tahap sebelumnya. Instrumen yang digunakan berupa skala likert, teknik analisis data menggunakan metode One Group Pretest-Posttest dan metode uji T-Test berpasangan. Hasil analisis data menggambarkan perubahan yang signifikan dalam meningkatkan etika pergaulan peserta didik dengan menggunakan bimbingan kelompok teknik sosiodrama  setelah mengikuti intervensi menggunakan metode One Group Pretest-Posttest. Temuan menunjukkan bahwa peserta didik mengalami peningkatan yang konsisten dalam tingkat etika pergaulan peserta didik  setelah melalui dua siklus yang berbeda. Peningkatan juga didukung oleh hasil analisis T-Test berpasangan. Hasil uji T-Test berpasangan menegaskan perbedaan yang signifikan antara rata-rata skor pretest dan posttest pada kedua siklus intervensi. Penelitian ini membuktikan efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama pada peserta didik di  SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang.

References

Endriani, A. (2016). Pengaruh Teknik Sosiodrama Terhadap Kepercayaan Diri Peserta didik Ma Nurul Ishlah NW Beleka Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran, 1(1), 77-87

Lubis, A., Elita, Y., & Afriyati, V. (2017). Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Meningkatkan Regulasi Emosi Pada Peserta didik Sma Di Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling. 1(1), 43-51.

Mariani, E., Susanto, H., & Andari, Y. (2018). The Effect of Group Guidance Services with Sociodrama Approach to Increase Empathy in Adolescents. Journal of Educational Sciences, 2(2), 172-178.

Mulyaningtyas, B. Renita Dan Yusup Purnomo Hadiyanto. 2007. Bimbingan Dan Konseling untuk SMA Dan MA Kelas XI. Jakarta: Erlangga.

Murnita, A. (2016). Upaya Meningkatkan Perilaku Pro-Sosial Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Metode Sosiodrama. Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan & Konseling, 2(1).

Nindito, M., & Muslim, M. (2020). The Role of Counseling Guidance to Improve Students' Social Ethics in SMA Negeri 1 Nganjuk. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 10(1), 72-81.

Nugraha, A. B., & Ajie, G. R. (2019). Pengaruh Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Terhadap Kontrol Diri. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(3), 408-414.

Prasetyo, A. (2018). Efektivitas Sosiodrama dalam Meningkatkan Pemahaman Norma Sosial Remaja. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Bimbingan, 1(2), 78-88.

Sari, L., et al. (2017). Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Keterampilan Sosial Peserta didik SMA. Jurnal Pendidikan, 2(1), 45-53.

Sigar, Edi. 2004. Buku Pintar Etika Pergaulan. Jakarta: Delapratasa Publishing

Sugiyono. 2018. Metode penelitian kualitatif, kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunaryo, B. (2017). The Effectiveness of Guidance and Counseling Services on Improving Students' Social Ethics. Journal of Guidance and Counseling, 2(1), 23-31.

Wulandari, R., et al. (2020). Studi Tentang Etika Pergaulan Remaja di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Remaja, 3(2), 112-126

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Ma’rufi, T. I. . (2023). BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN ETIKA PERGAULAN PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA ISLAM SULTAN AGUNG 1 SEMARANG. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 997–1006. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5211

Issue

Section

Prosiding 2023