PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PJBL PADA P5 KEARIFAN LOKAL SDN PANGGUNG LOR SEMARANG

Authors

  • Toni Febri Hariadi Universitas PGRI Semarang
  • Henry Januar Universitas PGRI Semarang
  • Catur Pramesti Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Research, creativity, technique

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam mata pelajaran muatan lokal batik jumputan melalui metode Project-Based Learning pada siswa kelas IV SDN Paaanggug Lor di Kota Semarang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV di sekolah tersebut. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dengan setiap siklus mencakup empat tahap: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan metode Project-Based Learning, yang melibatkan siswa dalam proyek atau tugas, mampu memaksimalkan karya dan kreativitas mereka, (2) metode ini efektif dalam meningkatkan kreativitas siswa pada mata pelajaran batik jumputan. Pada kondisi awal, penilaian menunjukkan bahwa pengetahuan dan keterampilan siswa masih pada tahap dasar. Pada siklus II, pembelajaran diperkuat untuk meningkatkan kreativitas siswa. Penelitian dihentikan pada siklus II karena telah memenuhi kriteria keberhasilan dengan nilai N-gain 0,3≤g≤0,7 (kategori sedang) hingga g>0,7 (kategori tinggi). Peningkatan kreativitas siswa terlihat pada siklus II. Peneliti menyimpulkan bahwa metode Project-Based Learning efektif dalam meningkatkan kreativitas siswa pada mata pelajaran muatan lokal batik jumputan.

References

Christi, A., Kinasih, A., & Pamuji, D. (n.d.). Keterampilan Membuat Batik Jumputan Metode Active Learning Tipe Small Group Work KETERAMPILAN MEMBUAT BATIK JUMPUTAN DENGAN METODE ACTIVE LEARNING TIPE SMALL GROUP WORK SISWA AUTIS DI SIDOARJO.

Herlina, H., & Laili Nopprima, A. (n.d.). PENINGKATAN KEMAMPUAN VOKASIONAL BATIK JUMPUTAN MENGGUNAKAN METODE DRIIL PADA SISWA TUNARUNGU KELAS X DI SMALB CATUR BINA BANGSA.

Keterampilan, P., Pelatihan, M., Batik, P., Bagi, S., Pkk, K., Desa Giritengah, D. I., Borobudur, K., Setyaningsih, E., Setyowulan, A., & Ahmad, A. (n.d.). PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT 13.

Muatan, P., Batik, L., & Metode, M. (n.d.). UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA PADA MATA PROJECT-BASED LEARNING PADA SISWA KELAS VIII G SMP N 1.

Nahari, I., Kharnolis, M., Arifiana, D., & Nashikhah, rifatun. (2022). PENINGKATAN KETERAMPILAN SISWA MELALUI PELATIHAN TEKNIK PEWARNAAN TIE-DYE PADA PRODUK FESYEN DI MAN 2 MADIUN. In Abdimas Akademika (Vol. 3, Issue 02).

Sandi, N. V. (2022). Analisis kreativitas siswa dalam teknik pembuatan Batik Jumputan di Sekolah Dasar Islam Ta’allumul Huda Bumiayu. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 8(2), 220–239. https://doi.org/10.37729/jpse.v8i2.2556

Supriadi, Dedi. 1994. Kreativitas, Kebudayaan & Perkembangan IPTEK. Bandung: Alfabeta.

Susanto, R., Khozanah Ilmah, N., & Irmawati, F. (2022). Kreatifitas Membatik Jumputan Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Era Adaptasi Baru. In Abdimas Singkerru (Vol. 2, Issue 1). https://jurnal.atidewantara.ac.id/index.php/singkerru/article/view/121

Kegiatan, S., Jumputan, M., & Meningkatkan, U. (n.d.). LEMBAR PENGESAHAN SIDANG SKRIPSI.

Downloads

Published

2024-12-24

How to Cite

Febri Hariadi, T., Januar, H., & Pramesti, C. (2024). PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PJBL PADA P5 KEARIFAN LOKAL SDN PANGGUNG LOR SEMARANG. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 45–52. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5903

Issue

Section

Pendidikan Guru Sekolah Dasar