76. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SDN 1 Jeketro

Authors

  • Muhammad Kainul Hadad Universitas PGRI Semarang
  • Henry Januar Universitas PGRI Semarang
  • Desy Baktiningsih SD Negeri 1 Jeketro

Keywords:

Model Pembelajaran PBL, eksperimen, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui uapaya meningkatkan hasil belajar IPA melalui model Problem Based Learning dengan metode eksperimen kelas 3 SDN 1 Jeketro. Penelitian ini dilakukan di kelas V SDN 1 Jeketro dengan jumlah 43 peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas (PTK) secara kolaboratif Penelitian tindakan kelas terdiri dari pra siklus, siklus I dan siklus 2. Tahapan tiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan dari soal evaluasi yang dikerjakan siswa, sebanyak 14% dinyatakan tuntas KKM pada pembelajaran pra siklus, kemudian pada siklus I ketuntasan meningkat menjadi 40% dan pada siklus II meningkat menjadi 86% dengan kategori sangat baik dan memenuhi kriteria ketuntasan. Capaian rata-rata hasil belajar peseta didik pada pra siklus mencapai 65,11 pada siklus I meningkat menjadi 73,72 dan meningkat kembali pada siklus II menjadi 81,86. Dapat disimpulkan bahwa dalam upaya meningkatkan hasil belajar IPA melalui model Problem Based Learning dengan metode eksperimen kelas 3 SDN 1 Jeketro meningkatkan hasil belajar.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Hadad, M. K., Januar, H., & Baktiningsih, D. (2023). 76. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SDN 1 Jeketro . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 685–694. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4015

Issue

Section

Prosiding 2023