Penerapan Pembelajaran Berdiferensial Guna Meningkatkan Literasi Matematis Dan Motivasi Belajar Siswa Kelas X-6 SMA Negeri 11 Semarang
Keywords:
Mathematical literacy, Motivation, Differentiated learning, Classroom action researchAbstract
Studi ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan literasi matematis dan motivasi belajar siswa kelas X-6 SMA Negeri 11 Semarang. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui dengan menggunakan metode pembelajaran berdiferensial, literasi matematis dan motivasi belajar berpotensi meningkat. Berdasarkan hasil penelitian terdapat peningkatan motivasi belajar mulai dari pra-siklus, siklus I sampai pada siklus II. Data yang diperoleh dari hasil observasi awal (pra-siklus) menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa kelas X-6 SMA Negeri 11 Semarang motivasi tinggi sebanyak 19,44. Sedangkan tingkat skala motivasi situasional pada siklus I yakni kategori motivasi belajar siswa tinggi sebanyak 55,57. Peningkatan motivasi terlihat signifikan pada proses pembelajaran siklus II. Kategori motivasi belajar siswa tinggi pada siklus II sebanyak 80,57. Berdasarkan hasil penelitian, selain ada peningkatan motivasi belajar siswa, juga ada peningkatan hasil belajar literasi matematis siswa dari pra-siklus, siklus I dan siklus II. Data perolehan hasil belajar pra-siklus dapat diidentifikasi peserta didik yang memperoleh nilai tuntas 8 orang atau setara dengan 22,22. Sedangkan pada siklus I data dapat diidentifikasi peserta didik yang memperoleh nilai tuntas 28 orang atau setara dengan 77,79. Peningkatan hasil belajar secara signifikan hasil belajar siswa yakni pada siklus II. Berdasarkan data dapat diidentifikasi siswa yang memperoleh nilai tuntas 35 orang atau setara dengan 97,2.
References
Andriani, W. (2022). Penggunaan Metode Sistematik Literatur Review dalam Penelitian Ilmu Sosiologi. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 7(2).
Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD. Cendikia: Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 95-.
Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 95–.
Chusna, C. A., Rochmad, & Prasetyo, A. P. B. (2019). Mathematical Resilience Siswa pada Pembelajaran Team Assisted Individualization dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES.
Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846.
Fatimah, S., & Mashar, R. (2023). Peran Guru dalam Pembelajaran Berdiferensiasi di Taman Kanak- Kanak ABA Al-Furqon Nitikan Yogyakarta. 3(1), 1–10.
Hartatik, S. (2022). Penerapan Problem Based Learning dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Sesuai Kurikulum Merdeka. Vocational: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 2(4), 335-.
Herlambang, S., Anafiah, S., & Barozi, S. M. (2021). Peningkatan Minat Aktivitas Belajar Menggunakan Problem Based Learning Berbasis Kearifan Lokal Siswa Kelas IV. Jurnal Ilmiah Profesi Guru (JIPG), 2(2), 73–8.
Herwina, W. (2022). Optimalisasi kebutuhan murid dan hasil belajar dengan pembelajaran berdiferensiasi. PERSPEKTIF Ilmu Pendidikan, 35(2), 175.
Manalu, J. (2022). Program Pendidikan Guru Penggerak : Pijakan Kurikulum Merdeka Sebagai Implementasi Merdeka Belajar Driving Teacher Education Program : the Foundation of Freedom. Pendar: Jurnal Pengajaran Dan Riset, 02(01), 34.
Marta Putra, D., & Nurlizawati, N. (2019). Lesson Study dalam Meningkatkan Ketrampilan 4C (Critical Thingking, Collaborative, Communicative dan Creative) pada Pembelajaran Sosiologi yang Terintegrasi ABS-SBK di SMAN 1 Pasaman. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 139–.
Naibaho, D. P. (2023). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Mampu Meningkatkan Pemahaman Belajar Peserta Didik. Journal of Creative Student Research (JCSR), 1(2), 81–91.
Novita, R., & Hidayati, N. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Pada Siswa SMK. Jurnal Theorems (The Original Reasearch Of Mathematics), 7(1), 25–39.
Nurfata, A. S. B., & Pujiastuti, H. (2023). Persepsi siswa terhadap pembelajaran matematika berdiferensiasi pada kurikulum merdeka. Jurnal Theorems (The Original Reasearch Of Mathematics), 8(Indonesia 2003), 10–19.
Putra, G. A. P., & Sutama, M. P. (2021). Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Matematika Berorientasi Pisa Ditinjau Dari Gender Di SMP Negeri 1 Eromoko. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/89035
Safarati, N., & Zuhra, F. (2023). Literature Review: Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Menengah. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(1).
Sanjaya, P. A. (2022). Pengembangan Pembelajaran Sejarah Berdiferensiasi Menggunakan E-Module Berbasis Book Creator. Prodiksema, 1(1), 52–6.
Sapan, V. (2022). Optimalisasi Pembelajaran Diferensiasi Bermuatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Mendukung Critical Thinking, Communication, Collaboration, Creativity Siswa Pasca Pandemi COVID-19. Students’ Difficulties at Elementary School in Increasing Lit. 5(1), 383–.
Sari, N., & Ningsih, Y. L. (2023). Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik Sma Menggunakan Model Problem Based Learning Berbasis Kearifan Lokal. Differential: Journal on Mathematics Education, 1(2), 195–206.
Setyawati, R. (2023). Pembelajaran Diferensiasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Tentang Pancaindera Manusia Pada Siswa Kelass 4C SD Negeri Ngaglik 01 Batu Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 2(1), 232–.
Sinaga, S. J., Panggabean, P. M. T., & Hutauruk, A. J. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Kearifan Lokal terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Segiempat dan Segitiga Kelas VII SMP Swasta Putri Sion Yusmarsah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 2734.
Sutama. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Andre & M. A. Ilham (Eds.); 1st ed.). CV. Jasmine.
Suwartiningsih, S. (2021). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 80–9.
Wulandari, A. S. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Pembelajaran dalam Keberagaman. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(3), 682.