Penerapan Model PBL Berbantu Media Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas II
Keywords:
PBL, Wordwall, Learning OutcomesAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik kelas II pada mata Pelajaran Matematika di SDN Pandeanlamper 01. Tujuan dari penelitian ini adalah menguji peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia kelas II Sekolah Dasar dengan menggunakan model Problem Based Learning melalui media Wordwall. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas II Sekolah Dasar yang berjumlah 28 peserta didik. Hasil pelaksanaan siklus I diperoleh nilai rata - rata klasikal 71,4 dengan jumlah peserta didik tuntas sebanyak 18 peserta didik dan tidak tuntas 10 peserta didik dengan 70 dengan presentase ketuntasan KKTP sebesar 64,2%. Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan akan hasil belajar dengan perolehan nilai rata - rata klasikal 85, jumlah peserta didik yang tuntas sebanyak 26 peserta didik dan yang tidak tuntas 2 peserta didik dengan presentase ketuntasan KKTP sebesar 92,9%. Hal ini dapat disimpulkan penerapan model Problem Based Learning melalui media Wordwall dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.
References
Arikunto, S. (2020). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT Rineka Cipta.
Astuti, W. W., Yahya, M., Mustansir, M., Santrianti, I., & Syamsinar, S. (2023). Efektivitas Aplikasi Wordwall Pada Hasil Belajar Ips Siswa. EduNaturalia: Jurnal Biologi Dan Kependidikan Biologi, 4(1), 23. https://doi.org/10.26418/edunaturalia.v4i1.63442
Hanifah, N. F., & Saifanah, S. N. (2020). Contribution of Learning Independence on the Achievement of Mathematical Learning Outcomes of Geometry Transformation Materials School Students. Journal Of Educational Experts (JEE), 3(1), 31. https://doi.org/10.30740/jee.v3i1p31-38
Jannah, D. M., Hidayat, M. T., Ibrahim, M., & Kasiyun, S. (2021). Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3378–3384. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1350
Kahfi, M., Ratnawati, Y., Setiawati, W., & Saepuloh, A. (2021). Efektivitas Pembelajaran Kontekstual Dengan Menggunakan Media Audiovisual Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Siswa Pada Pembelajaran Ips Terpadu. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(1), 84–89. https://doi.org/10.58258/jime.v7i1.1636
Layyina, H., Nursyahadiyah, F., & Listyarini, I. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Project Based Learning Berbantuan Media Wordwall Pada Siswa Kelas V Sdn Peterongan. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 3370–3378. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8608
Malau, D. T. (2021). Analisis Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Pembelajaran Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 1. https://doi.org/10.24114/jfi.v2i2.30934
Media, J. K., Muhammadiyah, S. M. A., Kabupaten, L., Muhammadiyah, S. M. A., Gowa, K., Muhammadiyah, S. M. A., & Kabupaten, L. (2016). EFEKTIVITAS MEDIA AUDIOVISUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH LIMBUNG KABUPATEN GOWA Hildayanti SMA Muhammadiyah Limbung Kabupaten Gowa PENDAHULUAN Belajar adalah suatu proses yang kompleks yang terjadi pada diri setiap orang se. 5, 12–20.
Nainggolan, D. H., Sidabalok, N. E., & Aritonang, E. (2022). Pengaruh Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Elektriese: Jurnal Sains Dan Teknologi Elektro, 12(01), 1–6. https://doi.org/10.47709/elektriese.v12i01.1552
Nazaruddin, I. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Metode Eksperimen Dan Motivasi Belajar Sd Negeri 101739 Sei Mencirim. Js (Jurnal Sekolah), 4(4), 11. https://doi.org/10.24114/js.v4i4.20606
Pertiwi, F. A., Luayyin, R. H., & Arifin, M. (2023). Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis: Meta Analisis. JSE: Jurnal Sharia Economica, 2(1), 42–49. https://doi.org/10.46773/jse.v2i1.559
Prassetia, D. (2022). Hubungan Bimbingan Orang Tua dan Kemandirian Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar Siswa. Borobudur Educational Review, 2(2), 86–91. https://doi.org/10.31603/bedr.7001
Putri, S. K., Hidayat, S., & Merlina, A. (2023). Analisis dampak pemberian reward terhadap motivasi belajar anak pada materi pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar kelas rendah. Journal of Elementary Education, 06(02), 253–257.
Riduwan. (2015). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Alfabeta.
Riyansyah, M., Suparman, F., & Agustiani, T. (2020). Analisis Deskripsi Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Smp Negeri 03 Simpenan. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 33–38. https://doi.org/10.30743/bahastra.v5i1.2999
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas
Wahyuni, N. K. A., Wibawa, I. M. C., & Sudiandika, I. K. A. (2021). Implementasi Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) terhadap Hasil Belajar Tematik (Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia). Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(2), 230–239. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i2.36088
Yulifa Emi, Agnita Siska Pramasdyahsari, Suneki Sri, N. S. (2023). EFEKTIVITAS MODEL PBL BERBANTUAN CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS III Emi. 09, 3220–3229.