Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas II SDN Kalicari 01

Authors

  • Nofia Sholihatuzzahroh Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Problem Based Learning, Learning Outcomes

Abstract

This research aims to analyze the improvement in student learning outcomes in Matematika learning using the Problem Based Learning model. This class research was carried out in class II of SDN Kalicari 01, totaling 27 students, which lasted for 2 cycles. Each cycle consists of two meetings. The dependent variable is student learning outcomes and the independent variable is the Problem Based Learning model. Data collection methods used include interviews, observation, tests and documentation with quantitative and qualitative analysis techniques. The research results showed that student learning outcomes after applying the Problem Based Learning model in Cycle I obtained a score of 73 and student completion reached 78%. The increase in learning outcomes in cycle II was 81 and the percentage of student completion was 89%. So the application of the Problem Based Learning learning model can improve the Mathematics learning outcomes of class II students at SDN Kalicari 01.

References

Amalia, N., Ermawati, D., & Kuryanti, M. S. (2022). Pengaruh Penggunaan Metode Hypnoteaching terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) , 5(7).

Anam, S., Ardianti, S. D., & Fardani, M. A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Numbered Head Together Berbantuan Media Game Teka Teki Silang Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 121–133. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/wasis/article/view/8699

Anwar, Moh. R., & Pramukantoro. (2016). Perbandingan Hasil Belajar Antara Siswa yang Menggunakan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching dengan Model Pembelajaran STAD pada Standart Kompetensi Menerapkan Dasar-Dasar Kelistrikan Kelas X TAV di SMK Negeri 7 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(2).

Direktorat Sekolah Dasar. (2022). Kurikulum Merdeka. Direktorat Jenderal PAUD Dikdas Dan Dikmen Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/kurikulum-merdeka

Isjoni. (2019). Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik (3rd ed.). Pustaka Pelajar.

Kemendikbud. (2013). Uji Publik Kurikulum 2013, Tematik Integratif. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. http://www.kemdikbud.go.id/kemdikbud/node/2028

Komalasari, K. (2015). Pembelajaran Kontekstual (2nd ed.). Refika Aditama.

Masfuah, S., Fakhriyah, F., & Hilyana, F. S. (2022). Blended learning based on science literacy in science concept learning. AIP Conference Proceedings.

Mayuni, K. R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar IPA. . . Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(2), 14–25.

Mukrimati, N. A., Murtono, & Wanabuliandari, S. (2018). Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V SD Negeri RAU Kedubf Jepara Pada Materi Perkalian Pecahan. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1).

Mustika, H., & Kinanti, N. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intelectually Reperirion (AIR) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa. Jurnal Matematika Dan IPA, 3(2), 112–132.

Ngalimun. (2017). Strategi Pembelajaran. Parama Ilmu.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–352.

Purwanto, N. (2015). Psikologi Pendidikan (3rd ed.). Remaja Rosdakarya.

Riswari, L. A., & Ermawati, D. (2020). Pengaruh Problem Based Learning Dengan Metode Demonstrasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional .

Rizki, D. A., Yudha, C. B., & Suhel A. Rahim. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika pada Materi Bangun Ruang dengan Menggunakan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II.

Rochaminah, S. (2015). Pengaruh Pembelajaran Penemuan terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Matematis [Disertasi pada PPs UPI tidak dipublikasikan].

Setyawati, D. H. L., Fakhiriyah, F., & Khamdun. (2020). Peningkatan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar dengan Menerapkan Model Contextual Teaching and Learning Berbantuan Lempar Karet Pengetahuan. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 130–139.

Taufikurrahman, & Nurhaswinda. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Papan Pecahan untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1), 44–53. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/1335

Utami, O. P., Oktavianti, I., & Ardianti, S. D. (2024). Peningkatan Hasil Belajar IPAS Kelas IV SD melalui Model Pembelajaran Numbered Heads Together dengan Media Kipas. Jurnal Basicedu, 2(1), 12–24. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/7159

Yamin, M., & Syahrir. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 126–134.

Yulaikah, I., Sri Rahayu, & Parlan. (2022). Efektivitas Pembelajaran STEM dengan Model PBL Terhadap Kreativitas dan Pemahaman Konsep IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 7(6), 223–229.

Downloads

Published

2025-01-10

How to Cite

Sholihatuzzahroh, N. (2025). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas II SDN Kalicari 01. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 425–433. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/6096

Issue

Section

Pendidikan Guru Sekolah Dasar