Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh dengan Pendekatan Tarl pada Siswa Kelas VII B SMPN 37 Semarang
Abstract
Latar belakang penelitian tindakan kelas adalah kemampuan siswa dalam materi lompat jauh yang masih perlu perbaikan sehingga hasil pembelajaran lompat jauh masih bisa diperbaiki lagi. Pendekatan TaRL dipilih karena dalam prakteknya pendekatan pembelajaran ini cocok untuk karakteristik siswa SMP yang memiliki keberagaman pertumbuhan dan perkembangan. Penelitian dilakukan di SMPN 37 Semarang dan menggunakan kelas VII B sebagai kelas eksperimen. Terdapat beberapa fase penelitian yaitu, fase pertama pra-siklus , kemudian siklus 1 yang didalamnya terdapat perlakuan dan pengambilan data kembali, dan fase terakhir siklus 2 yang juga terdapat perlakuan serta pengambilan data akhir. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan bantuan perangkat lunak IBM SPSS dan dilakukan uji statistik deskriptif untuk mengetahui rata-rata kelas pada tiap siklus, uji normalitas untuk memastikan distribusi data normal, dan uji t berpasangan, untuk mengetahui perkembangan rata-rata kelas tiap siklus. Pada siklus 1 tidak terdapat perkembangan yang signifikan dari hasil lompat jauh siswa dengan hasil uji t berpasangan sebesar .460, dan pada siklus 2 terdapat peningkatan rata-rata kelas yang signifikan dengan hasil uji t berpasangan sebesar .000. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian adalah bahwa pendekatan TaRL dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh siswa kelas VII B SMPN 37 Semarang secara signifikan.
References
Aeni, A. N., & Muhtar, T. (2021). Nilai-Nilai Kesholehan Sosial pada Mata Kuliah Pembelajaran dan Aktivitas Senam Ritmik II dan Implikasinya terhadap Pendidikan Jasmani di SD. © 2021-Indonesian Journal of Primary Education, 5(1), 1–12. http://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/index
Ahyar, A., Nurhidayah, N., & Saputra, A. (2022). Implementasi Model Pembelajaran TaRL dalam Meningkatan Kemampuan Literasi Dasar Membaca Peserta Didik di Sekolah Dasar Kelas Awal. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 5241–5246. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1242
Anderha, R. R., & Maskar, S. (2021). Pengaruh Kemampuan Numerasi Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i1.774
Ardiansyah, R. T., Setiawan, D., & Farhanto, G. (2024). Analisis Biometrika Jarak Langkah Take Off pada Lompat Jauh. Jurnal Olahraga Dan Kesehatan Indonesia (JOKI), 3, 38–43.
Budi, D. R. (2021). Modifikasi pembelajaran pendidikan jasmani.
Haryanto, A. I., Liputo, N., & Fataha, I. (2021). Korelasi Panjang Tungkai, Power Otot Tungkai Dan Kecepatan Lari Dengan Hasil Lompat Jauh. Jambura Health and Sport Journal, 3(1), 42–50. https://doi.org/10.37311/jhsj.v3i1.9890
Prasetyo, K. (2016). Penerapan Pendekatan Bermain Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 196. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p196-205
Rahmat, Z. (2015). Atletik Dasar & Lanjutan. Atletik Dasar & Lanjutan, 1–97. https://repository.bbg.ac.id/bitstream/452/1/Atletik_Dasar_dan_Lanjutan.pdf
Shiddiq, F. I. A., & Rahayu, E. T. (2022). Kontribusi Model Personalized System For Instruction (PSI) Terhadap Passing Bawah Bola Voli Siswa. Jurnal Olahraga Dan Kesehatan Indonesia (JOKI), 3(1), 24–31. fadilahilham2001@gmail.com%0AKeterangan
Suharyani, Suarti, N. K. A., & Astuti, F. H. (2023). Implementasi Pendekatan Teaching At The Right Level (TaRL) dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Anak. 8(2), 470–479.
Syahputri, A. Z., Fallenia, F. Della, & Syafitri, R. (2023). Kerangka berfikir penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 160–166.