Modifikasi Permainan Sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Lari Jarak Pendek Pada Siswa Kelas Viia Smpn 2 Semarang

Authors

  • Achmad Sururudin Universitas PGRI Semarang
  • Husnul Hadi Universitas PGRI Semarang
  • Pandu Kresnapati Universitas PGRI Semarang
  • Rinto Hartadi Universitas PGRI Semarang

Abstract

 

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui apakah pendekatan modifikasi permainan dapat meningkatkan keterampilan lari jarak pendek siswa kelas VII A SMPN 2 Semarang. Penelitian dilakukan di SMPN 2 Semarang dan menggunakan kelas VII A sebagai kelas eksperimen. Terdapat beberapa fase penelitian yaitu, fase pertama pra-siklus yang bertujuan untuk memperoleh data awal kemampuan siswa, kemudian siklus 1 yang didalamnya terdapat perlakuan menggunakan pendekatan modifikasi permainan dan pengambilan data kembali, dan fase terakhir siklus 2 yang juga terdapat perlakuan dengan pendekatan pembelajaran modifikasi permainan serta pengambilan data akhir. Data yang diperoleh dari ketiga fase penelitian kemudian diolah menggunakan bantuan perangkat lunak IBM SPSS dan Microsoft excel dilakukan uji statistik deskriptif untuk mengetahui rata-rata kelas pada tiap siklus, dan uji t berpasangan, untuk mengetahui perkembangan rata-rata kelas tiap siklus dan persentase ketuntasan siswa. Pada siklus 1 terdapat perkembangan yang signifikan dari hasil keterampilan lari jarak pendek siswa dengan persentase sebesar 63% dan pada siklus 2 terdapat peningkatan persentase ketuntasan kelas yang signifikan dengan hasil sebesar 84%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian adalah bahwa pendekatan modifikasi permainan dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan lari jarak pendek siswa kelas VII A SMPN 2 Semarang secara signifikan.

Author Biographies

Husnul Hadi, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas PGRI Semarang

Pandu Kresnapati, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas PGRI Semarang

Rinto Hartadi , Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas PGRI Semarang

References

Ahyar, A., Nurhidayah, N., & Saputra, A. (2022). Implementasi Model Pembelajaran TaRL dalam Meningkatan Kemampuan Literasi Dasar Membaca Peserta Didik di Sekolah Dasar Kelas Awal. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 5241–5246. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1242

Bangun, S. Y. (2016). Peran Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Pada Lembaga Pendidikandi Indonesia. Publikasi Pendidikan, 6(3). https://doi.org/10.26858/publikan.v6i3.2270

Bashori, & Aulia, J. (2020). Penyusunan Kerangka Berpikir dalam Penelitian. Univeristas Islam Negeri Antasari Banjarmasin, 1–5.

Budiastuti, D., & Bandur, A. (2018). Validitas dan Reliabilitas Penelitian. In Binus. www.mitrawacanamedia.com

Faradila, A., Priantari, I., & Qamariyah, F. (2023). Teaching at The Right Level sebagai Wujud Pemikiran Ki Hadjar Dewantara di Era Paradigma Baru Pendidikan. 1, 1–10.

H, H., & Riady, A. (2018). Survey Sarana Dan Prasarana Pendidikan Jasmani Di SMP/ MTS Swasta Kabupaten Pangkep. SPORTIVE: Journal Of Physical Education, Sport and Recreation, 1(2), 27. https://doi.org/10.26858/sportive.v1i2.5624

Hadiawati, N. M., Prafitasari, A. N., & Priantari, I. (2024). Pembelajaran Teaching at the Right Level sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka. 4, 1–8.

Idris, A. (2016). Pembinaan Cabang Olahraga Atletik PPLPD Kabupaten Nganjuk. Jurnal Kesehatan Olahraga, 4(4), 1–9.

Maulana, F., & Odang, A. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani melalui Metode Pembelajaran Penugasan dalam Materi Pembelajaran Senam Lantai pada Siswa Kelas XII IPS 2 SMA N 2 Kota Sukabumi. Jurnal Kependidikan, 5(1), 27–34.

Nurdiyan, I. (2018). Model pembelajaran peer teaching dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 4(1), 1–8. www.ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/article/download/191/170

Prasetyo, I. (2014). Teknik Analisis Data Dalam Research and Development. UNY: Fakultas Ilmu Pendidikan, 6, 11. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132310875/pengabdian/teknik-analisis-data-dalam-research-and-development.pdf

Rahmat, Z. (2015). Atletik Dasar & Lanjutan. Atletik Dasar & Lanjutan, 1–97. https://repository.bbg.ac.id/bitstream/452/1/Atletik_Dasar_dan_Lanjutan.pdf

Suharyani, Suarti, N. K. A., & Astuti, F. H. (2023). Implementasi Pendekatan Teaching At The Right Level (TaRL) dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Anak. 8(2), 470–479.

Syahputri, A. Z., Fallenia, F. Della, & Syafitri, R. (2023). Kerangka berfikir penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 160–166.

Zahrudin, M., Ismai, S., & Zakiah, Q. Y. (2021). Policy Analysis of Implementation of Minimum Competency Assessment As an Effort To Improve Reading. Paedagorx ia, 12(1), 83–91.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Sururudin, A., Hadi, H., Kresnapati, P., & Hartadi , R. (2024). Modifikasi Permainan Sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Lari Jarak Pendek Pada Siswa Kelas Viia Smpn 2 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 2503020279. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7085

Issue

Section

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi