Peningkatan hasil belajar Materi Diagram Gambar Menggunakan Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) berbantuan Media MEDIGRAM (Media Diagram Gambar) di Kelas 2D SD Supriyadi 1 Semarang

Authors

  • Ika Yuni Aryanti Universitas PGRI Semarang
  • Ervina Eka Subekti Universitas PGRI Semarang
  • Sri Hartono SD Supriyadi 1 Semarang
  • Ulin Nikmah SD Supriyadi 1 Semarang

Keywords:

, teaching at the right level, MEDIGRAM, diagram gambar, pemahaman data, pembelajaran kontekstual

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalisasi pembelajaran data sederhana di kelas 2 SD dengan menggunakan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) berbantuan media inovatif bernama MEDIGRAM (Media Diagram Gambar) dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil observasi awal, masih banyak siswa kelas 2D SD Supriyadi yang mengalami kesulitan dalam membaca, memahami, dan menginterpretasikan data dalam bentuk visual, khususnya diagram gambar. Untuk itu, penggunaan MEDIGRAM diharapkan dapat menjadi solusi yang menyenangkan, kontekstual, dan efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep data. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Problem Based Learning (PBL) berbasis pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) berbantuan media MEDIGRAM. Hasil daripada penelitian ini diambil berdasarkan kegiatan siklus I, dan siklus II yang sudah dilakukan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan maka diperoleh data yakni pada siklus I didapatkan hasil 57% siswa tuntas, serta 43% siswa tidak tuntas dengan kriteria cukup baik. Siklus II didapatkan hasil 89% siswa tuntas dan 11% siswa tidak tuntas dengan kriteria baik. Penerapan media visual MEDIGRAM diharapkan tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa terhadap data, tetapi juga menumbuhkan rasa ingin tahu, mengembangkan kemampuan berpikir kritis, serta meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam kegiatan kelas.

Author Biography

Ervina Eka Subekti, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Arikunto, S. (2010). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S., dkk. (2015). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, A. (2017). Media pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Arsyad, A. (2021). Media pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Baderan, A. (2018). Implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 12(2), 134–142.

Banerjee, A., Cole, S., Duflo, E., & Linden, L. (2007). Remedying education: Evidence from two randomized experiments in India. Quarterly Journal of Economics, 122(3), 1235–1264.

Dyvita, R., Nugroho, A., & Puspitasari, E. (2024). Efektivitas media konkret PANDEGA dalam pembelajaran diagram gambar. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 45–52.

Hidayat, T., Rahmawati, D., & Suryanto, A. (2023). Penggunaan media visual dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan pemahaman siswa. Jurnal Edukasi Matematika, 11(1), 10–20.

Ismail, M., Yusuf, H., & Prasetyo, R. (2024). Implementasi pendekatan TaRL dalam pembelajaran numerasi dasar. Jurnal Pendidikan Inovatif, 15(1), 30–39.

Jazuli, M. (2022). Teaching at the Right Level (TaRL): Strategi pembelajaran berdiferensiasi di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(2), 88–96.

Marta, R., Fitria, Y., Hadiyanto, & Zikri, A. (2020). Kurikulum merdeka dan pembelajaran kontekstual. Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(2), 78–85.

Nurhasanah, R. (2018). Teknik evaluasi pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.

Perry, B., & Dockett, S. (2019). Early childhood data literacy: Foundations for lifelong learning. International Journal of Early Childhood, 51(1), 21–35.

Sanjaya, W. (2013). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Zaiful, A., Rahman, F., & Putri, D. A. (2023). Pembelajaran diferensiasi berbasis TaRL di Indonesia: Studi kasus pada sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(1), 50–61.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Yuni Aryanti, I., Eka Subekti, E., Hartono, S., & Nikmah, U. (2025). Peningkatan hasil belajar Materi Diagram Gambar Menggunakan Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) berbantuan Media MEDIGRAM (Media Diagram Gambar) di Kelas 2D SD Supriyadi 1 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 25030104. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7070

Issue

Section

Pendidikan Guru Sekolah Dasar