Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Materi Fotosintesis melalui Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Panpel Kelas IVd SD Supriyadi

Authors

  • Siti Maesaroh Universitas PGRI Semarang
  • Dina Prasetyowati Universitas PGRI Semarang
  • Ulin Nikmah Sekolah Dasar Supriyadi
  • Lia Puji Lestari Sekolah Dasar Supriyadi

Keywords:

Model PBL, Media, Hasil Belajar

Abstract

Kurangnya antusias dan kurang semangat dalam mengikuti proses pembelajaran dikarenakan metode ceramah masih sangat mendominasi kegiatan dalam mengajar, pemanfaatan media pembelajaran yang kurang. Menyebabkan minat dan konsentrasi siswa menurun, yang menghambat pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dengan model PBL berbantuan Media Papan Tempel dapat menjadi solusi yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi dalam 3 siklus Hasil penelitian ini menunjukkan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran PBL berbantuan media papan tempel mengalami kenaikan yang signifikan yaitu pada siklus I adalah 48,28%, siklus II 68,28% dan naik menjadi 96,55% di siklus III dengan KKM 75 pada semua siklus.

References

Alisa, Y., Yennita, Y., & Irawati, S. (2017). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Smp Menggunakan Model Problem Based Learning. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 1(1), 113–120. https://doi.org/10.33369/diklabio.1.1.113-120

Darmawan, D., Sudrajat, I., Kahfi, M., Maulana, Z., Febriyanto, B., Pendidikan, J., Sekolah, L., Pendidikan, K., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2021). Perencanaan Pengumpulan Data sebagai Identifikasi Kebutuhan Pelatihan Lembaga Pelatihan. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 5(1), 71–88. https://doi.org/10.15294/pls.v5i1.30883

Fadillah, FN. (2016). Pengaruh Model Learning cycle dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Gaya Magnet. Jurnal Pena Ilmiah. 1 (1): 521-530.

Ichsan, F. N., & Hadiyanto, H. (2021). (n.d.). Implementasi perencanaan pendidikan dalam meningkatkan karakter bangsa melalui penguatan pelaksanaan kurikulum. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(3), 541–551.

Indriawati, P., Balikpapan, U., Maulida, N., Balikpapan, U., Erni, D. N., Balikpapan, U., Putri, W. H., & Balikpapan, U. (2022). Kinerja Guru dalam Mutu Pendidikan di SMAN 02 Balikpapan. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 3(3), 204–215. https://doi.org/10.30596/jppp.v3i3.12795

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). (2022). Profil pelajar Pancasila sebagai upaya mewujudkan karakter bangsa. Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224-1238.

Kartini, Ketut Sepdyana., Putra, N. T. A. (2020). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA Ketut Sepdyana Kartini 1 dan I Nyoman Tri Anindia Putra 2. Jurnal Pendidikan Kimia Dan Ilmu Kimia, 3(02), 8–12.

Lajeng, U. K. . (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning ( Pbl ) Terhadap Kesadaran Metakognitif Siswa Pada. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/36493

Lina listiana. (2011). Pemberdayaan Keterampilan Berpikir Dalam Pembelajaran Biologi Melalui Model Kooperatif Tipe Gi (Group Investigation) Dan Ttw (Think, Talk, Write). Jurnal, 2, 1–7.

Muslim, I., Halim, A., & Safitri, R. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Pbl Untuk Hooke Di Sma Negeri Unggul. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 03(02), 35–50.

Nurrita. (2018). Kata Kunci : Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 03, 171–187.

Rahayu, N. (2018). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Kartu Pintar Pada Tema Kayanya Negeriku Dengan Subtema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam Di Indonesia Untuk Siswa Kelas IV SD Negeri Pogung Kidul Sleman Yogyakarta. E-Journal Prodi Teknologi Pendidikan, 7(5), 512–523.

Rajab, A., Amir Masruhim, M., & Intan Widiyowati, I. (2018). Hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar siswa SMA menggunakan model pembelajaran numbered head together dengan bantuan media papan tempel pada pokok bahasan tata nama senyawa. Bivalen: Chemical Studies Journal, 1(1), 39–44. https://doi.org/10.30872/bcsj.v1i1.279

Sadiman, A. (2002). Media Pembelajaran

dan Proses Belajar Mengajar, Pengertian Pengembangan dan

Pemanfaatannya. Jakarta: Raja

Grafindo

Susilowati, D. (2018). Edunomika – Vol. 02, No. 01 (Pebruari 2018) PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) SOLUSI ALTERNATIF PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN Dwi Susilowati. Edunomika, 02(01), 36–46.

Wulandari, A. N., & Mawardi, M. (2018). Pengembangan Media Papan Tempel Bangun Datar Berbasis Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas 4 SD. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://pigur.ejournal.unri.ac.id/index.php/pigur/article/download/5984/5506

Yumarlin, M. (2013). Pengembangan Permainan Ular Tangga. Jurnak Teknik, 3(1), 75–84. http://jurnalteknik.janabadra.ac.id/wp-content/uploads/2014/03/10-Revisi-YUMARLIN-22-8-13.pdf

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Maesaroh, S. ., Prasetyowati, D. ., Nikmah, U. ., & Lestari, L. P. . (2023). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Materi Fotosintesis melalui Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Panpel Kelas IVd SD Supriyadi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2684–2692. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5426

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)