Permainan Bola Beracun pada Awal Pembelajaran PJOK Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 30 Semarang

Authors

  • Ricky Saputra Rosidi Universitas PGRI Semarang
  • Buyung Kusumawardhana Universitas PGRI Semarang
  • Muh. Isna Nurdin Wibisana Universitas PGRI Semarang
  • Bowo Dwi Riyanto SMP Negeri 30 Semarang

Keywords:

PJOK

Abstract

 

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa kelas VII-A SMP Negeri 30 Semarang. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar melalui penerapan permainan kecil bola beracun dalam pembelajaran PJOK. Penelitian menggunakan pendekatan tindakan kelas (PTK) dengan empat tahap: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 30 siswa kelas VII-A. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan strategi pembelajaran berupa permainan bola beracun untuk meningkatkan motivasi belajar. Pengumpulan data dilakukan melalui angket motivasi dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan pendekatan persentase untuk melihat perubahan motivasi belajar di setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar setelah penerapan permainan kecil bola beracun. Hal ini terlihat dari peningkatan skor angket motivasi yang diisi siswa pada akhir setiap siklus, terutama saat refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa permainan kecil bola beracun memberikan dampak positif terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini terbatas pada pengukuran tingkat motivasi, sehingga diharapkan penelitian lanjutan dapat mengkaji secara lebih mendalam dan menyeluruh.

Author Biographies

Buyung Kusumawardhana, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Universitas PGRI Semarang

Muh. Isna Nurdin Wibisana, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Universitas PGRI Semarang

Bowo Dwi Riyanto, SMP Negeri 30 Semarang

Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, SMP Negeri 30 Semarang

References

Amiruddin, M. I., Wijaya, A., & Suparno, A. (2024). Penerapan Permainan Bola Beracun pada Awal Pembelajaran Pjok untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IX di SMPN 13 Surabaya. 5.

Azizah, A. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475

Culajara, C. J. (2022). Integrating game-based approach in students learning experiences in physical education: A phenomenological study. Edu Sportivo: Indonesian Journal of Physical Education, 3(3), 242–254. https://doi.org/10.25299/es:ijope.2022.vol3(3).10520

Hananingsih, W., & Imran, A. (2020). Modul Berbasis Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 5(6). https://doi.org/10.58258/jupe.v5i6.1593

Ihwanto, N., & Mashud, M. (2021). Game Based Learning in Physical Education Sport and Health Subject. TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 5(1), 10–18. https://doi.org/10.17509/tegar.v5i1.34905

Imamy, J., Indahwati, N., & Ilmiawan, D. (2024). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran PJOK Melalui Permainan Hijau Hitam. 5.

Iswiharjo, E. E., & Dinata, V. C. (2024). Peningkatan Keterampilan Menangkap Bola Melalui Pendekatan Permainan Bola Tangkap pada Siswa-Siswi Kelas V SD Pakis 8 Surabaya. 2(5).

Muhyi, M., Utomo, G. M., Yasa, I. G. D. U., Verianti, G., Hakim, L., Prastyana, B. R., & Hanafi, M. (2023). Penerapan Strategi Pembelajaran PJOK AKTIF ( Asyik, Karakter, Terukur, Inovatif dan Fit) di Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) pada Fase B Kurikulum Merdeka Di Tingkat Sekolah Dasar. Jendela Olahraga, 8(1), 212–221. https://doi.org/10.26877/jo.v8i1.14382

Pramadya Hardiansyah Putera, Mochammad Ridwan, & Juheri. (2023). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII dengan Pendekatan Bermain Pada Mata Pelajaran PJOK. SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 4(2), 133–139. https://doi.org/10.46838/spr.v4i2.304

Roisul Umam, W. (2024). PENERAPAN PERMAINAN KECIL BOLA BERACUN PADA PEMBELAJARAN PJOK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS 10 DI SMAN 1 KEJAYAAN. 09.

Sitinjak, S. D., Sitompul, D. A., Purba, I. G., Siahaan, S., Medan, U. N., Baru, K., & Serdang, K. D. (2024). ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA PEREMPUAN TINGKAT ATAS. 22(1), 197–203.

Stiawan, A., Adetia, C., Mulyani, N., Nuraulia, W., & Sifa, W. (2023). Membangun Profesionalisme Guru melalui Penelitian Tindakan Kelas. 1(1), 24–38.

Suciani, R. N., Azizah, N. L., Gusmaningsih, I. O., & Fajrin, R. A. (2023). Strategi Refleksi dan Evaluasi Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(2), 114–123.

Zuhrotilanwar, A., Hartoto, S., & Kartiko, D. C. (2017). The Influence of the Application of the Game on Improving Motor Skills and Student Learning Motivation in Learning Physical Sport and Health Education (PSHE). Journal of Physical Education Health and Sport, 4(2), 59–62.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Rosidi, R. S., Kusumawardhana, B., Wibisana, M. I. N., & Riyanto, B. D. (2024). Permainan Bola Beracun pada Awal Pembelajaran PJOK Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 30 Semarang . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 2503020314. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7086

Issue

Section

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.