Keefektifan Model Pembelajaran Pbl Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kesehatan Sekolah Di Smp Negeri 37 Semarang
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIIB SMPN 37 Semarang tahun ajaran 2024/2025 pada materi pendidikan kesehatan sekolah (pergaulan bebas) melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui tes (pretest dan posttest), observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan pada hasil belajar: siswa yang memenuhi KKTP meningkat dari 6,06% (prasiklus) menjadi 27,27% (siklus I), dan 90,90% (siklus II). Rata-rata nilai siswa juga meningkat dari 46,30 (awal) menjadi 61,27 (siklus I), dan 80,06 (siklus II). Partisipasi dan keaktifan siswa dalam pembelajaran turut meningkat. Penerapan PBL terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap bahaya pergaulan bebas serta mendorong keterlibatan aktif dalam pembelajaran PJOK. Penelitian ini merekomendasikan model PBL sebagai metode pembelajaran interaktif dan kontekstual untuk materi sosial dan kesehatan remaja.
References
Angkat, I., & Syah, R. (2025). Peningkatan Pemahaman Peserta Didik Mengenai Materi Larangan Pergaulan Bebas dan Perbuatan Zina dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di Kelas X TKJ SMK Negeri 1 Penanggalan Kota Subulussalam. Internasional Journal Educational Maysa Research, 1(1), 1-9.
Eko, B. S. (2019). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Futsal Melalui Metode Problem Based Learning Pada Kelas XI Ipa 1 di SMA Negeri 1 Limbangan Tahun Pelajaran 2018 (Doctoral dissertation, Universitas Wahid Hasyim Semarang).
Marwati, I. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas V SDN 7 Konda Indri. Ojs.Uho.Ac.Id, 1(4), 122–129.
Nugroho, W., & Suharto, S. (2022). Peningkatan hasil belajar melalui Problem Based Learning secara daring dan luring pada siswa kelas VII A SMP Astra Makmur Jaya. Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan, 1(2), 123–135. https://doi.org/10.59562/progresif.v1i2.28536
Pangga, D., & Kuntjoro, B. F. T. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar PJOK melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) pada Siswa Kelas III UPT SDN 223 Gresik. Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga, 4(1), 122-134.
Rahmawati, D., Suyitno, & Prima, F. (2021). Keefektifan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar tema Indahnya Kebersamaan Subtema 1 pada siswa kelas IV SDN Pandean Lamper 03 Semarang. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 2(3), 123–135. https://doi.org/10.23887/jipp.v2i3.16234
Susanto, M. E., & Sitompul, H. (2021). Penerapan model Problem Based Learning untuk meningkatkan literasi sains siswa. Jurnal Pengembangan Pembelajaran dan Riset Fisika (JPPRF), 7(2), 123–135. https://doi.org/10.12345/jpprf.v7i2.7874