Meningkatkan Keterampilan Passing Kaki Bagian Dalam Melalui Permainan Kucing-kucingan pada Siswa Kelas X 7 di SMA Negeri 10 Semarang
Keywords:
passing, sepakbola, permainanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan Passing menggunakan kaki bagian dalam pada permainan sepak bola melalui metode bermain pada siswa kelas X-7 SMA Negeri 10 Semarang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus. . Adapun subjek penelitian ini adalah kelas X-7 SMA Negeri 10 Semarang dengan subjek penelitian berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan hasil tes siswa. Dari tes pra siklus terlihat masih sangat kurang siswa dalam keterampilan Passing terdapat 21 siswa belum tuntas atau 58%, kemudian yang tuntas sebanyak 15 siswa atau 42%. Siklus I setelah menggunakan metode bermain Kucing- kucingan siswa yang tuntas 61% atau sebanyak 22 siswa, tidak tuntas 39% atau sebanyak 14 siswa. Sedangkan berdasarkan tes akhir siklus II yang dapat dilihat bahwa dari 36 siswa kelas X-7 SMA Negeri 10 Semarang terdapat 8 siswa tidak tuntas atau 22% kemudian yang tuntas sebanyak 28 siswa atau 78%. Jadi dapat disimpulkan bahwa melalui metode bermain Kucing-kucingan terbukti dapat meningkatkan keterampilan Passing menggunakan kaki bagian dalam permainan sepak bola pada siswa. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan keterampilan Passing siswa dalam permainan sepak bola pada siswa kelas X-7 SMA Negeri 10 Semarang, yaitu mengalami peningkatan nilai siswa dalam setiap siklus
References
Andinata, Zusyah P.D. (2022). “Upaya Meningkatkan Keterampilan Passing Menggunakan Kaki Bagian Dalam Permainan Sepak Bola Melalui Metode Bermain di SDN Negeri 13 Munting Kecamatan Sukadana”. Journal Sport Academy. 1(2). 45-52.
Ardianda E, Arwandi J. (2018) “Latihan Zig-Zag Run dan Latihan Shuttle Run Berpengaruh Terhadap Kemampuan Dribbling Sepakbola”. Jurnal Performa Olahraga
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2017). Pengembangan instrumen penelitian dan penilaian program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Aris, T. (2018).” Upaya Meningkatkan Kemampuan Passing Bawah Kaki Bagian Dalam Pada Permainan Sepakbola Melalui Pembelajaran Variasi Berantai Siswa Putri Kelas X SMK Shalahuddin Malang Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Ilmu Keolahragaan. 17 (1) 25-29.
Effendi, A. R. (2017). Meningkatkan Keterampilan Passing Menggunakan Kaki Bagian Dalam Pada Permainan Sepak Bola Menggunakan Metode Drill. Jurnal Pendidikan Olahraga, 6(2), 65–74.
Ibrahim, Ferawati,Abdul Rahman,Muh.Hidayat Cakrawijaya.(2022) ” Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Passing dalam Permainan Sepakbola Melalui Model Pembelajaran Passing Bervariasi Terhadap Siswa Kelas X MIA Madrasah Aliyah Nurul Ilmi Baruku”. Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora. 2(1) 84-91.
Panel;, Suhairi;, M., & Lauh;, W. D. A. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Shooting Sepak Bola Melalui Metode Bermain Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Siding Kabupaten Bengkayang. Journal Sport Academy, 1(1), 17–32.
Rustanto H . (2017) “upaya meningkatkan keterampilan passing Sepakbola dengan kaki bagian dalam Menggunakan metode bermain”. Jurnal Pendidikan Olahraga, Vol. 6
Tarigan;, B. (2001). Pendekatan Keterampilan Praktis dalam Pembelajaran Sepak Bola : konsep dan metode. Departemen Pendidikan Nasional.
Utomo N. P , Indarto P. (2021) “analisis keterampilan teknik dasar passing dalam sepak bola”. Sport Education Profesional Hmzanwadi University. Vol.4, No.2, Desember 2021, Hal. 87-94
Wifroh S. H , Karim M. B (2014) “Meningkatkan perkembangan kognitif pada anak usia dini melalui alat permainan edukatif”. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, hal 76-146.