Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Modifikasi Permainan Bola Voli di SMKN H. Moenadi Ungaran

Authors

  • Tyas Ghosaly UNIVERSITAS PGRIS SEMARANG
  • Maftukhin Huda Universitas PGRI Semarang
  • Setiyawan Universitas PGRI Semarang
  • Teguh Santoso Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Motivasi belajar, Modifikasi Permainan, Permainan, Bola Voli

Abstract

Pembelajaran bola voli yang monoton membuat motivasi belajar yang rendah dan berdampak pada kurangnya partisipasi aktif, semangat belajar, dan pencapaian hasil belajar. Tujuan dilakukan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran PJOK melalui permainan modifikasi bola voli di SMKN H. Moenadi Ungaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Tahapan penelitian ini dibagi menjadi dua siklus, Dari data yang diperoleh pada siklus 1, yitu rata-rata motivasi belajar peserta didik sebesar 42,3%, dan data yang diperoleh pada siklus 2 yaitu sebesar 79,64%, dengan ini terjadi peningkatan rata-rata sebesar 37,34%. Dengan demikian, terdapat adanya peningkatan yang cukup besar pada motivasi belajar peserta didik. Perolehan data tersebut juga merupakan bukti berhasilnya pemberian permainan modifikasi bola kasti dengan bolavoli untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran PJOK.

References

Ali, M. (2023). Upaya meningkatkan motivasi belajar siswa melalui ice breaking dalam pembelajaran PJOK. Global Journal Sport Science, 1(2), 368–374.

Auliya, A. N., Katminingsih, Y., & Widodo, S. (2024). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Pembelajaran Matematika: Systematic Literature Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 11(3), 807–819. https://doi.org/10.38048/jipcb.v11i3.3746

Batiurat, W., Wandik, Y., & Putra, M. F. P. (2023). Modifikasi permainan bolavoli dalam pendidikan jasmani. Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 22(4), 272. https://doi.org/10.20527/multilateral.v22i4.16470

Fathurrohman, M. A., Subroto, T., & Rahmat, A. (2024). Efektivitas Pembelajaran Audiovisual terhadap Teknik Dasar Permainan Futsal di Sekolah Systematic Literature Review. Jurnal Porkes, 7(1), 303–311. https://doi.org/10.29408/porkes.v7i1.25164

Ginanjar, S., Widyawan, D., & Prabowo, E. (2022). Literature Review: Model Discovery Learning pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Olahraga, 11(2), 265–276. https://doi.org/10.31571/jpo.v11i2.4539

Irwanto, E. (2016). Metode Pembelajaran Dan Modifikasi Bola Pada Proses Pembelajaran Bolavoli. Jurnal Pendidikan Olah Raga, 5(2), 102–118. https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/olahraga/article/view/379

Kapti, J., & Winarno, M. E. (2022). Hubungan Kebugaran Jasmani dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Penjas SMP: Literature Review. Sport Science and Health, 4(3), 258–267. https://doi.org/10.17977/um062v4i32022p258-267

Muawanah, E. I., & Muhid, A. (2021). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi Covid – 19 : Literature Review. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 12(1), 90–98. https://doi.org/10.23887/jjbk.v12i1.31311

Putra, Y. A., & Sistiasih, V. S. (2021). Modifikasi Pembelajaran Permainan Bola Voli. Jurnal Porkes, 4(2), 126–133. https://doi.org/10.29408/porkes.v4i2.4705

Risma, N., Bakhtiar, S., & Umar. (2024). Improvement of Basic Volleyball Techniques through Motion Coor- dination Learning Model: A Literature Review. Journal of Physical Education, Health and Sport, 11(2), 79–84.

Showab, A., & Djawa, B. (2019). Pengaruh Modifikasi Permainan Bola Voli Terhadap Kegembiraan Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan2, 07(03), 307–312.

Silaban, R. A., Lolowang, D., Pandaleke, T., & Dewi, F. R. (2025). Efektifitas Penerapan Media Audiovisual Terhadap Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan, 13, 16–27.

Suciati, I. (2021). Permainan “Ular Tangga Matematika” Pada Materi Bilangan Pecahan. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 1(1), 10–21. https://doi.org/10.51574/kognitif.v1i1.5

Utami, E., Fitri, R., & Fadilah, M. (2022). Hubungan Motivasi Dan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar (Literatur Review). Symbiotic: Journal of Biological Education and Science, 3(2), 65–70. https://doi.org/10.32939/symbiotic.v3i2.64

Yono, T., & Sodikin, F. A. (2020). Modifikasi Bola Plastik sebagai Media Pembelajaran Bola Voli. Sparta, 2(2), 26–31. https://doi.org/10.35438/sparta.v2i2.170

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Ghosaly, T., Huda, M., Setiyawan, & Santoso, T. (2025). Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Modifikasi Permainan Bola Voli di SMKN H. Moenadi Ungaran. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 2503020230. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7098

Issue

Section

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.